Menata Interior Agar untuk Kenyaman Penghuni

Posted by anggota member on Friday, August 7, 2009

Mendesain interior memang tidak sama dengan mengatur peletakan furnitur di ruangan. Di dalam konsep building interior design sangat penting untuk menjadikan sebuah rumah indah, nyaman, dan dapat mengekspresikan jiwa pemiliknya. Setiap pemilihan warna, bahan, bentuk dan peletakannya harus direncanakan dengan baik, sehingga setiap penghuni rumah akan merasakan nyaman.

Menurut desainer interior Andri Wardhana, agar kenyamanan tercipta bagi seluruh penghuninya, terdapat beberapa hal yang penting diperhatikan dalam membuat
building interior rumah. Salah satunya ialah menentukan skala dan besaran furnitur yang akan memengaruhi tatanan interior rumah Anda. Ini diperlukan untuk menjaga keseimbangan antar ruang.


Bereksperimen dengan warna adalah salah satu hal yang perlu dilakukan, sehingga jangan pernah takut menggunakan warna. Warna dipilih sesuai dengan keinginan Anda, dan bila masih bingung dapat melihat contoh pada majalah
interior design atau mintalah pendapat beberapa pakar interior.


"Warna-warna yang sesuai dengan selera kita dapat meningkatkan kreatifitas bekerja untuk esok hari," kata Andri Wardhana, desainer interior dari Wardhana Interior Desain.


Menurutnya, warna cat dinding yang cerah untuk
building design seperti putih, hijau pupus atau krem akan merefleksikan cahaya lebih baik, sehingga efek yang dihasilkan dari pencahayaan lebih maksimal. Sarannya, sesuaikan warna cat dengan warna hiasan dinding, pilihlah corak hiasan dengan warna senada atau lebih terang.


"Warna lemari bisa dibuat sama dengan warna dinding sehingga kesan
interior design lebih luas. Apapun warna dinding yang digunakan, sebaiknya gunakan warna putih pada langit-langit kamar untuk memaksimalkan cahaya," papar wakil ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia DKI Jakarta itu.


Masih menurutnya, bila Anda ingin memberi kesan ruangan
building interior design terasa lebih luas, sebaiknya gunakanlah cermin. Cermin berukuran besar dapat merefleksikan cahaya ke seluruh ruangan. Melalui cermin, cahaya alami dan cahaya buatan dapat terefleksi untuk membuat ruangan lebih terang, baik di siang maupun malam hari. Akan lebih efektif bila cermin diletakkan dekat jendela, sehingga view di ruangan tertangkap.


Menurutnya lagi, bila Anda suka dengan aksesori
building interior design ruang misalnya figura foto, sebaiknya memasangnya dengan jumlah ganjil. Karena itu, jangan biarkan dinding rumah kosong. Dengan latar belakang warna dinding yang kontras terhadap warna dinding keseluruhan, dinding dapat dipajangi foto-foto berukuran normal dan berbingkai ornamental, polos, berwarna senada atau kontras dengan warna dominan dinding.


Hal ini, sambungnya , akan berdampak pada keseimbangan, karena aksesori dalam jumlah ganjil akan lebih enak dipandang dibandingkan dengan jumlah genap. Selain itu, letakkanlah gambar atau lukisan setinggi Anda memandang, dengan demikian lukisan atau gambar tersebut
building design akan lebih enak untuk dinikmati.


Selamat berkreasi!


http://lifestyle.okezone.com


Dukung Kampanye
Stop Dreaming Start Action Sekarang

{ 0 comments... read them below or add one }