Cara Desain Web

Posted by Sate Ayam on Wednesday, August 26, 2009



Desain web bukan sekedar memberi sentuhan artistik penuh kosmesik untuk memanjakan mata pengunjung. Butuh lebih dari itu untuk memancing pengunjung tetap kembali dan kembali lagi. Dan tentunya bukan maksud utk menggurui, namun disini saya akan barbagi tips menuju nirvana desain template (cieeee........)

1. Tujuan dan sasaran
apa tujuan anda mendirikan desain web murah dan mendesainnya sendiri? Untuk keluarga, sekedar hobi, mencari uang atau portfolio digital? Apakah anda mempunyai alasan yang kuat untuk mencapai tujuan anda? Bagaimana dengan sasaran pengunjung anda? Abg, penggemar binatang atau kutu buku yang kacamatanya setebal pantat botol? Semua ini adalah langkah terpenting dalam desain web anda nantinya. Tentukan sasaran dan tujuan yang pasti dan tetap fokus pada jalur!

2. Kesan pertama, begitu menggoda…
maaf ini bukan iklan, tapi ini juga berlaku pada desain web. Desain yang bagus bukan berarti web yang “fancy”, “bling-bling” (gemerlap) dengan gambar/animasi dan warna yang flashy plus teknologi desain template terkini. Desain yang bagus adalah gabungan dari konsistensi, kemudahan, proposional.
Konsistensi dalam rancang awal desain web murah anda sangat penting. Jika anda membagi halaman web anda menjadi 2 kolom, yang kiri untuk navigasi dan yang kanan untuk isi maka desainlah dengan rancang awal seperti itu untuk seluruh halaman anda. Bila anda memakai font “georgia” di isi halaman maka gunakanlah untuk setiap halaman yang ada. Begitu juga dengan link, header title dan lain-lain

3. Content, content, content!
Tidak ada yang lebih penting dari sebuah situs web selain desain web template atau isi. Desain yang bagus akan sia-sia bila isinya tidak sesuai harapan. Ibarat sampul bagus tapi isi buku. Usahakan untuk tetap kis (keep it simple) , to-the-point dan orang bisa mengetahui isi situs anda dalam 10 detik.Gabungkan isi yang bertopik sama ke dalam bagian yang sama lalu atur isi halaman ke bentuk web template yang lebih sederhana, mudah dan enak dibaca.Pengunjung selektif akan mengutamakan isi daripada desain web template visual. Inilah “the power of content”. Salah satu contoh adalah www.drudgereport.com situs dengan desain yang relatif “berantakan” tapi mempunyai google pagerank 7

Dukung kampanye stop dreaming start action


http://www.smkn1-pasuruan.sch.id

{ 0 comments... read them below or add one }