Tubuh Sehat Bugar dengan Aromaterapi

Posted by anggota member on Tuesday, June 9, 2009

Jangan menganggap enteng indra penciuman. Beragam penelitian membuktikan bahwa "penciuman aroma" sangat memengaruhi emosi kejiwaan seseorang. Setiap aroma memiliki ciri tersendiri, seperti aroma karbol yang menyengat di rumah sakit, ataupun aroma bunga mawar yang membuat sejuk dan menyegarkan.

Jelasnya, aroma terbukti mampu membuat orang menjadi riang gembira, takut, sedih, atau sekadar relaksasi. Perancis telah ratusan tahun mengembangkan konsep
aromatherapy untuk penyembuhan emosional. Kebahagiaan sangat dipengaruhi oleh emosi seseorang. Cara itu diterapkan di berbagai bangunan rumah sakit dan klinik kesehatan. Belakangan juga digunakan dalam penataan hotel bernuansa etnik, klinik kecantikan dan bahkan di rumah tinggal.

Aromatherapy merupakan teknik perawatan yang memanfaatkan minyak sari tumbuhan. Aroma berarti bau, zat halus yang dapat merembes, wewangian dari tumbuhan, rempah-rempah dan zat-zat lain, dan terapi berarti perawatan atau pengobatan. Aromaterapi sebenarnya sudah dikenal zaman dahulu oleh bangsa Mesir, Yunani, dan Romawi kuno. Pada peradaban ketiga bangsa itu dikenal minyak aroma, kini disebut minyak atsiri. Mereka mengambil sendiri sari dari tumbuhan-tumbuhan ini untuk mengobati berbagai penyakit, mulai dari rasa nyeri, sakit kepala, gangguan pencernaan, hingga untuk pijat, dan mandi. Nah sekarang telah banyak aromatherapy supplies.


Di dunia Barat, pengobatan dengan aromaterapi mulai dimanfaatkan 1930-an. Berdasarkan penelitian, berbagai minyak aroma dari bunga-bungaan dan kayu-kayuan memang memiliki sifat terapeutis dan psikoterapeutis. Karena wewangian dalam tumbuhan merupakan minyak sari tumbuhan itu sendiri, mudah dipahami jika aromaterapi (termasuk menggunakan
aromatherapy product) adalah perawatan yang menggunakan minyak sari tumbuhan

Teknik perawatannya bermacam-macam. Cara termudahnya adalah dengan meminumnya secara langsung. Dengan meminum tiap hari minyak sari tumbuhan, akan menjamin keseimbangan tubuh dan fungsi usus. Yang perlu ditekankan, jangan pernah meminum minyak sari tumbuhan yang berkualitas rendah.

Minyak esensial murni dapat berperan penting dalam mencegah berbagai penyakit, termasuk kanker. Semua dokter
aromaterapi menulis, minyak sari tumbuhan sebaiknya diminum. Jika Anda memutuskan untuk meminumnya, maka tambahan madu dan air merupakan metode yang terbaik.

Minyak esensial dapat digunakan sebagai obat dalam dosis yang tepat, yaitu tidak melebihi 3 tetes perhari. Sekarang juga telah banyak
aromatherapy product, misalnya bali aromatherapy (bali aromatherapy product), dll. Di antaranya batuk, pilek, gas dalam perut, salah cerna, sembelit, diare, sakit kepala, nyeri haid, depresi, batu ginjal dan gangguan saluran kencing.

Cara lainnya adalah dengan menghirup. Untuk menghirupnya dapat dilakukan dengan memasukkan minyak sari tumbuhan ke dalam baskom berisi air panas, dan hirup uapnya. Untuk ini hanya diperlukan 2-4 tetes dalam 100 ml air.

Agar uap yang dihasilkan dapat dimanfaatkan sepenuhnya, kerudungkan selembar handuk di atas kepala, arahkan wajah pada baskom sehingga uap akan mengalir pada area kecil. Teknik penghirupan terutama digunakan untuk gangguan pernafasan, ketegangan, hidung tersumbat,luka tenggorokan dan batuk.

www.suaramerdeka.com

Temukan informasi lainnya mengenai
Bali Aromatherapy - Bali Aromatherapy Product - Aromatherapy Product - Aromatherapy Supplies - Aromatherapy hanya di Bali Aromatherapy: Bali Aromatherapy Product & Bali Aromatherapy Supplies Denpasar pada 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }