Tips Mencari Sekolah Berstandar Internasional

Posted by Sate Ayam on Monday, June 8, 2009



Tak terasa, si Kecil kini sudah siap untuk bersekolah. Bingung memilih preschool, TK dan SD yang baik? Simak tips-tips di bawah ini:

Belanja informasi dan datangi sekolahnya

First thing’s first, Anda harus menentukan tips Sekolah Internasional & Sekolah Berstandar Internasional seperti apa yang hendak Anda pilih untuk buah hati yang baru belajar mengenal Sekolah Internasional & Sekolah Berstandar Internasional. Ingatlah, yang akan menghabiskan waktu di sana adalah anak, bukan Anda. Jadi sesuaikan minat anak dan program yang ditawarkan preschool tsb.

Memang, bukan suatu pilihan yang mudah, mengingat sekarang kita ‘dikepung’ oleh sekian banyak tipe sekolah. Ted Villaire, Associate Editor majalah Our Magazine, menyederhanakan pilihan itu,”Program yang ditawarkan sekolah untuk anak-anak usia dini, cenderung dibagi dua kelompok: berbasis pada permainan atau program akademis.”

Barbara Brenner, penulis The Preschool Handbook: Making The Most of Your Child’s Education, berpendapat, kebanyakan program Sekolah Berstandar internasional mengkombinasikan kedua elemen tersebut. Sebaiknya, sebelum memutuskan pilihan, Anda ‘berbelanja’ informasi dulu ke berbagai sumber (bisa dari saudara, teman sekantor, tetangga, maupun iklan di media massa) yang bisa merekomendasikan sekolah-sekolah tertentu.

Perpendek daftar yang diincar

Sekarang Anda sudah memiliki daftar sekolah yang masuk nomine. Setelah memutuskan jenis preschool yang rasanya paling tepat untuk anak Anda, mulailah mendatangi lokasi sekolah-sekolah tsb. Ada beberapa faktor yang patut Anda pertimbangkan ketika melakukan survey ke calon sekolah anak, misalnya lokasinya dekat ke rumah atau dekat ke tempat kerja Anda.

Bila Anda bekerja dari pagi hingga petang, pertimbangkan pula jarak sekolah tsb ke rumah orang tua atau saudara, sehingga jika terjadi hal yang mengkhawatirkan,mereka bisa secara cepat menggantikan Anda mendatangi - Sekolah Anak. Tanya kepada orang di sekitar Anda: teman, tetangga, kerabat dan tanyakan pengalaman mereka menyekolahkan anak. Pedapat mereka bisa Anda pertimbangkan, tapi jangan lupa pula bahwa setiap anak diciptakan berbeda.

Amati para murid in action

Aturlah pertemuan dengan pihak sekolah agar Anda memperoleh informasi selengkap-lengkapnya. Ada beberapa sekolah yang menyelenggarakan open house agar para calon murid dan orangtua bisa mengenal lebih dekat tentang sekolah yang bersangkutan. Di situ Anda akan melihat karya-karya kreatif para murid, prestasi - Sekolah Anak tsb, aktivitas yang terdapat di sana, serta metode pengajaran seperti apa yang mereka berikan. Jika Anda mendatangi sekolah tertentu pada hari kerja, perhatikan sekeliling Anda. Lihat cara murid-murid berinteraksi dengan guru Sekolah Berstandar maupun sesama mereka. Apakah mereka terlihat akrab atau terasa berjarak?

Temukan informasi lainnya mengenai Sekolah Internasional - Sekolah Berstandar Internasional - Sekolah Berstandar - Sekolah Anak hanya di Sekolah Internasional : Sekolah Berstandar Internasional & Sekolah Internasional Anak pada 88db.com

http://zonasekolah.blogspot.com

{ 0 comments... read them below or add one }