Tips Memulai Koleksi Pesawat Terbang Mainan

Posted by Sate Ayam on Wednesday, June 10, 2009


Berikut ini adalah beberapa kiat / tips untuk mengawali koleksi Miniatur Pesawat Terbang atau die-cast airplane models - terutama sehubungan dengan kondisi keuangan kolektor yang bersangkutan:

1. Selektif

a. Lebih baik konsentrasi ke salah satu skala tertentu. Pertimbangkan skala yg akan dikoleksi dengan ketersediaan tempat di rumah ( dan anggaran belanja tentunya ).

b. Belilah yang hanya Anda suka; misalnya : model pesawat yg menggunakan regular livery dan/atau special livery dan/atau livery historis dan/atau Miniatur pesawat yang pernah dinaiki dll ( saya tulis "dan/atau" karena setiap kolektor tentu berhak memilih model Pesawat Terbang berdasarkan satu atau lebih 2 kriteria yg saya sebutkan di atas ). Pendek kata, jangan terlalu bersemangat mengoleksi dan membeli semua rilis baru dengan motivasi bersaing dengan kolektor Miniatur Pesawat Terbang lain. Atau dengan kata lain: jangan latah membeli! Juga jangan tergoda membeli model/miniatur yang tidak Anda suka hanya lantaran harganya super murah.

c. Lebih baik menunda pembelian suatu model Miniatur pesawat apabila kondisinya tidak sebaik yg seharusnya ( misalnya ada cacat, dll ) namun harga terlalu tinggi.

d. Jika membeli dari toko, lebih baik pilihlah toko yang menJual Miniatur & Jual Miniatur Pesawat yang memiliki kebijaksanaan membolehkan pembeli menukar barang yg sudah dibeli dengan barang lain apabila ada hal yg tidak kita harapkan ( misalnya: kesalahan printing atau cacat kecil pada die-cast ). Namun bagaimanapun juga Anda tetap harus teliti sebelum membeli. Sebaiknya jangan membeli dari toko penJual Miniatur & Jual Miniatur Pesawat yang menyegel die-cast yang dijualnya dengan plastik dan dalam box tertutup dan tidak mengizinkan pembeli untuk membuka segel tersebut untuk melihat secara teliti model yang akan dibeli ( tanpa akses visual bagi calon pembeli untuk melihat kondisi model tersebut ). Katakan "TIDAK" pada toko yang berprinsip "membuka berarti membeli". Kadangkala ada penjual yang sengaja menetapkan kebijaksanaan tersebut dengan tujuan menyembunyikan kerusakan pada barang dagangannya.

2. Rajin-rajinlah browsing dan berinteraksi / tukar pengalaman dengan sesama kolektor - terutama jika sering membeli die cast melalui internet

a. Bandingkan harga model Miniatur Pesawat yang sama dari satu toko/penjual ke toko/penjual yg lain

b. Jika membeli Miniatur Pesawat dari pihak perorangan atau tukar menukar koleksi dengan seseorang ( bukan toko ), buka mata buka telinga, sehubungan dengan reputasi penjual yang bersangkutan; jangan sampai tertipu.

3. Jangan lepas model koleksi yang sudah langka dan diminati orang banyak dengan harga terlalu murah ( kembali lagi, buka mata buka telinga dan perkaya wawasan melalui interaksi dengan sesama kolektor miniatur Pesawat Terbang domestik dan mancanegara ).

Silakan lihat tips lainnya di Miniatur Pesawat | Jual Miniatur | Jual Miniatur Pesawat | Pesawat Terbang | Miniatur Pesawat Terbang | Miniatur dan Miniatur Pesawat : Jual Miniatur Pesawat & Miniatur Pesawat Terbang hanya di 88db.com

http://www.indoflyer.net

{ 0 comments... read them below or add one }