Tips Jitu Membasmi Rayap

Posted by jenggot kambing on Friday, June 19, 2009

Salah satu musuh terbesar dari furniture rumah adalah rayap. Serangga pemakan kayu ini memang memegang peranan penting dalam ekosistem. Tapi tidak untuk di rumah, rayap justru menjadi penghalang untuk mewujudkan rumah sehat, rapi, dan bersih. Lihat juga pest control dan umpan rayap.

Sebenarnya penyerbuan rayap (umpan anti rayap) tidak datang mendadak. Kita sering tidak sadar akan keberadaan rayap di rumah, sampai melihat kerusakan besar yang ditimbulkannya. Untuk itu, penting untuk memiliki pengetahuan tentang tanda-tanda awal timbulnya rayap (umpan rayap). Pengetahuan bisa menjadi tindakan pencegahan yang baik. Berikut 3 langkah awal menangkal rayap di dalam rumah :

Jenis kayu

Pemilihan jenis kayu yang benar bisa menjadi langkah awal yang benar untuk pencegahan. Untuk kusen, pilihlah jenis kayu jati atau merbau yang kurang disukai rayap. Kayu jati tidak disukai rayap karena materinya yang keras, sedangkan kayu merbau mengeluarkan bau khas yang menyengat serta mengandung zat ekstraktif yang bersifat racun bagi jamur dan rayap (alat anti rayap).

Penggunakan obat anti rayap

Setelah pemilihan kayu yang benar, langkah selanjutnya adalah menyemprotkan bahan kimia anti rayap (umpan anti rayap) ke tanah pondasi rumah sebelum rumah dibangun. Jika lantai dari kayu, semprotkan anti rayap ke seluruh lantai dan permukaan bangunan kayu rumah kita.

Pemeriksaan rutin

Lakukanlah pengecekan rayap secara rutin setiap bulannya. Tidak hanya lantai dan kusen saja, memeriksa furnitur-furnitur kayu yang ada di dalam dan di luar rumah juga penting. Dengan pengecekan rutin (alat anti rayap), membantu kita untuk bisa menditeksi, melindungi dan mencegah rumah terhadap kerusakan total yang disebabkan oleh “si perusak” tersebut. (Astrid Anastasia/Prevention Indonesia)

kompas.com

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Anti Rayap - Alat Anti Rayap - Umpan Anti Rayap - Pest Control - Umpan Rayap - Pest di 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }