Ruang Lingkup Desain Arsitektur

Posted by Sate Ayam on Friday, June 19, 2009



Arsitektur adalah seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lansekap, Arsitektur Rumah, Desain Arsitektur hingga ke level mikro yaitu desain bangunan, desain perabot dan desain produk. Arsitektur Rumah, Desain Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil proses perancangan tersebut.

Menurut Vitruvius di dalam bukunya De Architectura (yang merupakan sumber tertulis paling tua yang masih ada hingga sekarang), bangunan yang baik haruslah memilik Keindahan / Estetika (Venustas), Kekuatan (Firmitas), dan Kegunaan / Fungsi (Utilitas); Arsitek Konsultan & Konsultan Arsitek dapat dikatakan sebagai keseimbangan dan koordinasi antara ketiga unsur tersebut, dan tidak ada satu unsur yang melebihi unsur lainnya. Dalam definisi modern, Arsitek Rumah & Arsitektur Konsultan harus mencakup pertimbangan fungsi, estetika, dan psikologis. Namun, dapat dikatakan pula bahwa unsur fungsi itu sendiri di dalamnya sudah mencakup baik unsur estetika maupun psikologis.

Arsitektur adalah bidang multi-dispilin, termasuk di dalamnya adalah matematika, sains, seni, teknologi, humaniora, politik, sejarah, filsafat, dan sebagainya. Mengutip Vitruvius, "Arsitek Rumah & Arsitektur Konsultan adalah ilmu yang timbul dari ilmu-ilmu lainnya, dan dilengkapi dengan proses belajar Konsultan Desain &konsultan Rumah: dibantu dengan penilaian terhadap karya tersebut sebagai karya seni". Ia pun menambahkan bahwa seorang arsitek harus fasih di dalam bidang musik, astronomi, dsb. Filsafat Konsultan Desain &konsultan Rumah adalah salah satu yang utama di dalam pendekatan arsitektur. Rasionalisme, empirisisme, fenomenologi strukturalisme, post-strukturalisme, dan dekonstruktivisme adalah beberapa arahan dari filsafat yang mempengaruhi arsitektur.

Temukan informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Arsitektur Rumah | Desain Arsitektur | Jasa Arsitek | Arsitek Rumah | Arsitektur Konsultan | Konsultan Arsitektur | Konsultan Desain | konsultan Rumah | Arsitek Konsultan | Konsultan Arsitek di 88db.com

http://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur

{ 0 comments... read them below or add one }