Pemasangan Lampu Gantung

Posted by anggota member on Thursday, June 25, 2009

Setiap ruangan mutlak mendapatkan pencahayaan yang cukup, sesuai dengan fungsi ruangan. Pencahayaan yang sesuai peruntukan ruang, tentunya dapat mendukung keberlangsungan aktivitas pada ruang tersebut. Salah satu ruang yang perlu mendapat sentuhan cahaya adalah ruang makan.

Ada dua jenis pencahayaan dapat diterapkan pada ruang makan, yakni penerangan general atau merata, dan penerangan yang terfokus pada area meja (task lighting).

Dua jenis penerangan ini memiliki fungsi yang saling mendukung. Penerangan merata berfungsi untuk menerangi seluruh ruang. Fungsinya antara lain untuk mendukung aktivitas sirkulasi pada ruangan. Berbeda dengan task lighting. Jenis penerangan ini menambah kenyamanan beraktivitas di meja makan.

Untuk membangun task lighting di area meja makan dibutuhkan antara lain
lampu gantung. Biasanya ini diletakkan tepat di atas area meja. Sorot cahayanya terpancar fokus ke area meja makan.

Ada cukup banyak desain
lampu gantung yang bisa dipilih. Mulai dari yang berbentuk ramping, kerucut, ataupun bulat. Dengan beragam desain menarik tersebut, lampu gantung tak lagi hanya berfungsi sebagai penerang, melainkan sekaligus berfungsi sebagai penghias ruangan.

Namun, dalam membangun fungsi
lampu sebagai penerang area meja makan, bukan hanya desain yang perlu diperhatikan. Sebelum menempatkan lampu gantung di ruang makan, perlu diperhatikan kondisi ruang makan, terutama meja makan.

Meja makan berbentuk persegi panjang, lebih mudah diterangi menggunakan
lampu gantung berbentuk persegi panjang yang dipasang horizontal. Perlu juga diperhatikan perbandingan ukuran meja makan dengan ukuran lampu gantungnya.

Meja makan berbentuk persegi panjang, idealnya diterangi dengan
lampion lampu gantung yang memiliki panjang sekitar 60 cm lebih pendek dari panjang meja. Jadi, misalnya panjang meja makan 120 cm maka idealnya panjang lampu gantung 60 cm.

Jika ingin menggunakan
lampu gantung hias berbentuk lain, bisa pula dipasang lampu berderet di atas meja. Yang penting adalah, deretan lampu itu dapat menerangi seluruh area meja. Berapa panjang deretan lampu, itu tentu bisa disesuaikan dengan rumus di atas tadi. Total panjang lampu paling tidak harus 60 cm lebih pendek dari panjang meja.

Bagaimana jika meja berbentuk round (lingkaran). Untuk ini, bisa ditempatkan
lampu gantung hias dengan bentuk serupa. Keseimbangan ukuran tetap perlu diperhatikan. Jangan sampai diameter lampu gantung melebihi panjang diameter meja makan. Anda tetap bisa menggunakan panduan ukuran seperti pada meja makan berbentuk persegi panjang. Pilihlah lampu hias gantung dengan diameter 60 cm lebih pendek dari diameter meja makan.

Satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan, yaitu jarak lampu
lampion dengan permukaan meja. Jika jaraknya terlalu pendek, bisa-bisa kepala Anda terbentur lampu ketika berdiri atau membungkuk saat mengambil makanan. Yang terbaik, gantung lampu gantung minimal 75 cm lebih tinggi dari permukaan meja. Tentu hal ini juga perlu disesuaikan dengan bentuk atau desain rumah lampunya. Jika dirasa cahaya yang terpancar dari lampu lampion terlalu sempit maka jarak antara meja dan lampu dapat diperjauh.


www.kompas.com

Temukan informasi lainnya mengenai
Lampu Gantung - Lampu Hias - Lampu Gantung Hias - Lampu Lampion - Lampu - Lampion hanya di 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }