Pasang Kaca Film Rumah Bikin Sejuk

Posted by jenggot kambing on Wednesday, June 24, 2009

Tetapi kalau rumah kita sudah terlanjur dipasangi kaca bening semua, apa harus kita ganti dengan kaca berwarna biar lebih adem. Rasanya, tidak perlu repot-repot begitu. Kaca Film bisa jadi solusinya. Tinggal, plek, tempel, terus adem. Lho, bukannya kaca film dipakai untuk mobil?

Menurut Sulistian marketing dari PT V-Kool Indo Lestari (distributor kaca film merek v-kool), kaca film yang dipakai untuk mobil memang kurang lebih sama dengan yang digunakan untuk gedung. Dan, kelebihan dari memakai kaca film gedung ini adalah untuk membuat ruangan lebih adem tidak mesti harus gelap. “Kecuali jika pelanggan menginginkan suasana lebih gelap karena ruangannya silau terkena pancaran sinar matahari,” ujarnya menjelaskan. Untuk memilih gelap terang kaca film gedung ada rentang antara 30%-60% kegelapannya. Tinggal menyesuaikan kebutuhan konsumen dan kondisi yang diinginkan (kaca interior).

Dari pengalaman Sulistian di lapangan, ditemukan bahwa kaca gelap sebenarnya tidak selalu membuat adem. Karena kaca gelap meredam panas yang tinggi justru membuat panas ruangan lewat radiasi. Biasanya ini terjadi pada desain kaca yang hanya berwarna gelap bukan kaca gelap sesungguhnya yang mengandung logam. Kaca gelap yang mengandung logam memang lebih baik penyerapan panasnya, hanya saja ruangan akan menjadi sangat gelap (kaca gedung).

Kaca film / kaca bangunan menjadi jalan keluar buat mereka yang ingin ruangannya sejuk tetapi tidak menjadi terlalu gelap atau redup. Kaca film atau model kaca sendiri terbuat dari bahan polyester (semacam lembaran plastik) terdiri dari beberapa lapisan. Lapisan pertama adalah lem, kemudian lapisan anti ultra violet, lapisan anti infra merah, lapisan logam (bisa perak, tembaga, titanium, alumunium, stainless stell, sampai emas), dan terakhir lapisan anti gores. Tebal kaca film sekitar 50-200 mikron.

Biang pembuat panas dari pancaran sinar matahari utamanya adalah sinar infra merah. Sedangkan sinar ultra violet yang membuat warna perabotan kerap menjadi pudar. Kaca film (kaca bangunan) menangkal infra merah dan ultra violet ini. Namun, tetap meneruskan sinar cahayanya. Untuk kaca film v-kool mampu meneruskan sinar 70%, panas yang ditolak 50% dan sinar yang dipantulkan 30%. Karena sinar yang masuk 70% membuat ruangan yang diberi kaca film tidak terlalu gelap. Namun tetap sejuk karena menolak panas hingga 50%.

bimowijoseno.blogspot.com

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Kaca Film - Kaca Film Gedung - Model Kaca- Kaca Gedung - Desain Kaca - Kaca Interior- Kaca Bangunan - Kaca di 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }