Mainan Anak Untuk Balita

Posted by Sate Ayam on Tuesday, June 16, 2009


MAINAN atau Toys anak tidak perlu terlalu banyak, sebab akan merampas kesempatan mereka untuk sejenak memusatkan perhatian pada satu benda. Itu sebabnya sangat bijaksana bila mainan atau Toys diberikan pada anak sesuai dengan kebutuhan si kecil dalam mengembangkan kemampuannya. Antara lain:

Usia

Jenis Mainan

13-15 bulan

Telepon mainan, cangkir dan alasnya, mainan yang bisa ditarik atau didorong-dorong.

16-18 bulan

Kotak pasir, alat main musik sederhana seperti tambur dan drum, balon tiup dan sabun.

19-21 bulan

Kuda-kudaan, boneka yang bisa dibongkar-pasang, bola karet, mainan untuk menggali, krayon ukuran besar, puzzle yang sederhana, tanah liat atau lilin.

22 - 24 bulan

Mainan masak-masakan, dokter-dokteran, mainan konstruksi (balok-balok), maianan yang bergerak seperti kereta api, truk, majalah tua, keranjang untuk main basket, puzzle jig saw, dsb.

2 - 3 tahun

Sepeda roda tiga, trampolin mini, boneka dengan kereta dorong dan botol susu serta pakaiannya, buku mewarnai, krayon, pinsil warna, alat musik seperti piano kecil, harmonika, pianika, alat main bulu tangkis atau tenis mainan, buku cerita, kolam renang tiup, seperangkat mainan alat pertanian, perang-perangan, proyek pembangunan gedung, dsb.

Cara tepat menyediakan mainan anak

  • Sediakan mainan sesuai umur dan tahapannya cth Rocking Horse & Wooden Rocking Horse.
  • Pilih mainan yang aman, tidak terbuat dari bahan yang tajam, yang berbahaya, yang mengandung racun, tidak terlalu kecil, dsb misalny Rocking Horse & Wooden Rocking Horse.
  • Pilih mainan yang bisa dicuci untuk anak yang sedang suka menggigit-gigit, sehingga bisa selalu bersih, misalny Rocking Horse Toys & Wooden Horse.
  • Jangan keluarkan mainan sekaligus. Sediakan tempat khusus untuk menyimpan mainan. Simpan mainan yang sedang tidak digunakan misalnya Rocking Horse Toys & Wooden Horse. Bila anak terlihat bosan, simpan mainannya dulu, baru diganti dengan yang lain sehingga rumah tidak terlalu berantakan dan anak bisa leluasa mengamati mainan yang ada di depannya.

Temukan berbagai informasi lainnya mengenai Rocking Horse - Kuda Kayu - Wooden Rocking Horse - Rocking Horse Toys - Wooden Horse - Horse Toys - Toys di 88db.com

http://www.bayisehat.com

{ 0 comments... read them below or add one }