Tips Memilih Lampu HID

Posted by malamjumat on Friday, May 22, 2009

Seperti yang sudah diketahui secara luas, aksesoris lampu mobil HID (High Intensity Discharge) atau yang lebih dikenal dengan nama lampu Xenon mampu menghasilkan cahaya dengan tingkat intensitas yang tinggi. Untuk tingkat keterangan warna dari lampu HID ditentukan oleh satuan derajat Kelvin (K). Sedangkan untuk menyalakan lampu HID diperlukan Ballast yang merupakan alat untuk menyediakan dan mengendalikan voltase lampu termasuk juga untuk menstabilkan aliran listrik.

Jenis/Tipe Lampu HID
Sekarang ini sudah banyak sekali jenis aksesoris lampu mobil HID dari berbagai merk / tipe dengan kualitas yang berbeda-beda, produksi dan penggunaannya pun saat ini tidak hanya untuk mobil melainkan motor pun sudah bisa. Karena banyak merk dan kualitas yang berbeda-beda inilah kita harus jeli dalam memilih lampu HID untuk diaplikasikan pada kendaraan, terutama buat pengguna mobil.

Untuk jenis/tipe lampu HID yang beredar dipasaran, umumnya terdiri dari lampu-lampu model H1,H3,H4,H7,H8,H11,HB3,HB4. Yang membedakan satu dengan yang lainnya ada pada kedudukan bohlamnya, sedangkan untuk ballast sama semuanya. Model yang umum beredar di Indonesia adalah tipe H4 dimana antara lampu jauh dengan lampu dekat jadi satu.

Tingkat keterangan warna
Aksesoris lampu HID punya banyak tingkat keterangan yang ditentukan berdasarkan satuan derajat Kelvin (K) dan setiap nilai memiliki warna sinar lampu yang berbeda-beda. Berikut adalah macam warna berdasarkan tingkat derajat Kelvin (K)

* 4300K Kuning
* 5500K Putih agak kuning
* 6500K Putih
* 8500K Putih-biru
* 10000K Biru agak ungu
* 12700K Ungu
* 15000K Pink

Memilih Lampu HID
Untuk memilih lampu mobil HID secara benar sangat mudah. “Yang harus dicermati, apabila pada lampu terdapat ballast sudah dipastikan memakai lampu HID” ungkap Didi, juragan dari Circuit, salah satu distributor dari lampu HID dibilangan Pasar Mobil Kemayoran ini. Selain itu juga “Untuk memilih lampu HID yang tepat sebaiknya lebih memperhatikan faktor fungsional kegunaan dari lampu HID tersebut baru faktor fashion” imbuhnya.

Aksesoris lampu HID terkenal dapat tahan lama dan biasanya apabila ada kerusakan yang diganti hanya pada pada bagian yang mengalami kerusakan saja jadi tidak perlu untuk mengganti seluruh komponennya. Tapi tentu saja harus dicek terlebih dahulu bagian mana yang mengalami kerusakan. Untuk kisaran harga di Circuit yang bertindak sebagai salah satu distributor lampu mobil Xenon HID merk Provision, Didi mematok harga ±2.7 juta untuk model Hi/Lo HID-Halogen dan ±3 juta untuk Hi/Lo HID dengan jaminan penuh selama 2 tahun dengan lama waktu pemasangan kisaran 45 menit.

www.situsotomotif.com

Temukan informasi lainnya mengenai
Aksesoris Mobil | Asesoris Mobil | Aksesoris Lampu | Lampu Mobil | Aksesoris Lampu Mobil hanya di Toko Aksesoris Mobil&Asesoris Mobil:Jual Aksesoris Mobil&Aksesoris Lampu Mobil Sunter Jakarta pada 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }