Fenomena Terapi Ikan

Posted by jenggot kambing on Wednesday, May 27, 2009

Terapi ikan (Fish Pedicure) sekarang ini kian menjadi kebutuhan. Kebanyakan orang menggemarinya karena dapat membantu menghilangkan stres bahkan menurunkan tekanan darah.

Saat ini, salah satu relaksasi yang banyak digemari adalah Terapi Dr Fish atau Fish Pedicures. Meski baru dikenal di Indonesia, telah menjadi tradisi lama di sebagian negara, seperti China.

Terapi Dr Fish ini baru diperkenalkan selama tiga bulan di pusat relaksasi The Water Foot Reflexology, kompleks ruko Klampis Square, Surabaya. Metode Fish Pedicures yang digunakan adalah beberapa bagian tubuh Anda akan “dipatok” ikan. Intinya, terapi ini menggunakan ikan yang mirip mujair. Panjangnya tidak lebih dari 4 cm atau kira-kira sebesar jari kelingking orang dewasa. Garafura, demikian nama ikan yang hidup mulanya hidup di air laut kemudian dipindahkan dalam kolam air tawar.

Sedikitnya 1.000 ekor ikan garafura (Fish Pedicure) yang diceburkan ke kolam terapi berukuran 3×3 meter berlantai keramik biru itu. Bila dilihat dari atas kolam, ribuan ikan garafura yang berkelompok itu mirip dengan kumpulan ribuan lintah yang sedang melenggak-lenggok di tepi kolam.

Manajer The Water Foot Reflexology Fonny Herlina mengatakan, terdapat 12 jenis ikan garafura ini (Treat Fish), tapi yang digunakan untuk menerapi pasiennya, biasanya jenis chinchin yang diimpor dari China.

Garafura, Fonnya menyebutkan, termasuk jenis ikan (Treat Fish)yang berkarakter agresif sehingga kaki-kaki yang nyemplung dalam kolam maksimal berkapasitas empat orang ini langsung diserbu dengan ikan. Jumlahnya sangat banyak, hingga tidak terhitung berapa ikan yang mematuk kaki Anda.

Saking banyaknya, mereka bergerombol dalam satu titik, ubin kolam di sudut itu sampai tidak tampak lagi, tertutup oleh tubuh hitam ikan (Fish Treat) yang sangat agresif itu. Mungkin gerombolan ikan tersebut sudah tidak sabar untuk mematuk kaki Anda sebagai santap siang mereka.

Dalam keagresifan mereka, tidak sampai dua detik, kaki yang dicelupkan ke kolam langsung diserbu dan dipatuki ribuan garafura (Fish Treat) yang rakus itu. Rasanya seperti tersengat arus listrik kecil atau kesemutan.

Nah, itu karena ribuan ikan (Treat Pedicure) sedang memakan kulit mati pada kaki. Seperti pada kaki yang kalus (kapalan) dan kutu air. Sehingga, jangan kaget jika Anda baru pertama kali mencobanya, melihat ribuan ikan yang melesat laksana lintah itu memang sedikit menakutkan. Namun, jangan segera buruburu melompat dari kolam. Pasrah saja. Begitu kulit dipatuki ribuan ikan (Treat Pedicure), sensasi kenikmatan laksana dipijat pun mulai menjalar.

Kendati dipatuk ribuan garafura, tidak sedikit pun rasa sakit atau perih terasa di sekujur kulit. Yang ada hanya sensasi geli (Pedicures Treat) kala garafura mematuki sel kulit mati dan parasit yang menempel di sekujur tubuh. “Tidak sakit, yang penting harus tahan geli,” kata wanita kelahiran Surabaya, 5 Juli 1981 itu.

Merendam kaki dalam kolam air yang telah berisi ikan memberi sensasi baru (Pedicures Treat) yang memadukan air dan gigitan ikannya. Namun, perlu diingat, terapi ini tidak boleh lebih dari 30 menit. Pasalnya, bila terlalu lama berendam di air, kulit akan melunak.

Patukan ikan juga merangsang terbukanya simpul simpul syaraf dan peredaran darah. Imbasnya, badan menjadi rileks dan segar.

Sumber: lifestyle.okezone.com

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Fish Pedicure - Fish Pedicures - Treat Fish - Treat Pedicure - Pedicures Treat - Fish Treat dan Fish Pedicure & Fish Pedicures: Treat Fish Pedicure-Treat Pedicure di 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }