Tips Memilih Leasing Mobil

Posted by jenggot kambing on Monday, May 4, 2009

"SAYA pakai yang ini saja, deh. Soalnya, cicilan per bulannya lebih kecil dari yang lain," kata Fadly kepada petugas yang menerimanya di sebuah dealer mobil di Jakarta. Petugas itu lalu menelepon perusahaan pembiayaan bersangkutan memberi tahu ada orang yang ingin mengajukan kredit Toyota Kijang 1.8 LX seharga Rp 110.250.000. Tak lama berselang, petugas dari perusahaan pembiayaan/Leasing Mobil datang dan menerangkan skema kredit secara detail kepada Fadly.

PERUSAHAAN Leasing Mobil yang dipilih pria gemuk itu memang menawarkan cicilan kredit yang lebih kecil. Dengan tempo kredit 36 bulan, setiap bulan Fadly harus mengangsur Rp 3.741.500 atau berbunga sekitar 12 persen. Pada saat awal, ia harus membayar uang muka sebesar 10 persen harga mobil, biaya administrasi, notaris, dan asuransi all-risk.

Apa yang dilakukan Fadly dapat dipandang sebagai gambaran umum masyarakat saat menentukan perusahaan pembiayaan/Express Leasing. Besar-kecilnya angsuran dan bunga menjadi pertimbangan pertama. Lihat juga Leasing Mobil Bekasi dan Leasing Express.

"Perhitungan cicilan dan bunga sebenarnya bisa direkayasa supaya terlihat lebih kecil. Padahal, ujung-ujungnya, total biaya yang dikeluarkan nasabah akan sama saja dengan yang ditawarkan leasing/Express Leasing lain," kata Stanley S Atmadja, Presiden Direktur Adira Dinamika Multi Finance.

Menurut dia, yang harus jadi pertimbangan utama dalam memilih leasing adalah reputasi dan kredibilitas perusahaan. Jika memiliki reputasi dan manajemen yang baik, bisa dipastikan perusahaan tersebut bisa bertahan dalam jangka waktu panjang. Apa artinya? Artinya, proses pembelian mobil yang Anda lakukan akan berjalan lancar. Bayangkan, jika leasing yang dipakai tiba-tiba tutup atau mengalami masalah keuangan ketika cicilan belum kelar. Nasib mobil Anda bisa tidak jelas karena Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) dipegang oleh leasing. Tentu proses mendapatkan kembali BPKB akan semakin berbelit- belit, membuang waktu dan juga uang.

Melonjaknya penjualan Mobil Leasing tak pelak terdongkrak oleh munculnya sejumlah mobil serbaguna (multipurpose vehicle) dengan harga terjangkau, seperti Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza yang harganya di bawah Rp 100 juta. Penjualan mobil-Mobil Leasingl jenis ini diperkirakan bisa mencapai 40 persen dari total penjualan mobil.

Munculnya mobil murah tersebut memang akan berdampak terhadap penjualan mobil bekas. Dengan harga di bawah Rp 100 juta, kemungkinan besar harga mobil bekas akan turun hingga 20 persen.

Sumber:www2.kompas.com

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Mobil Leasing ~ Leasing Mobil ~ Express Leasing ~ Leasing Express ~ Mobil Bekasi ~ Leasing Mobil Bekasi ~ Bekasi Leasing Mobil dan Mobil Leasing: Leasing Mobil Bekasi - Express Leasing&Mobil Bekasi di 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }