1. Tentukan tema acara,
Cari tema yang tidak membosankan �“ kalau bisa merupakan ide baru, atau paling tidak merupakan ide lama yang dikemas secara lebih baik.
2. Cari sumber daya manusia yang qualified,
Mengumpulkan teman yang mau berpartisipasi mengadakan sebuah pertunjukan tidaklah sulit--- yang sulit adalah membuat mereka bekerja dengan efektif. Efektif disini artinya kontribusi mereka optimal terutama dalam Event Staging, Staging Lighting & Lighting Staging, sesuai dengan job description dari masing-masing personal, tidak tumpang tindih dan tidak sekedar menjadi penggembira.
Setelah tim terbentuk, buat time schedule. Lalu tentukan tugas masing-masing personal cth dalam pembagian Stage Concert & Concert Stage. Pembagian tugas harus jelas cth dalam menjaga Stage Concert & Concert Stage. Produksi, promosi, marketing, sampai penyelenggaraan acara, dan after party show bila ada. Semua harus berjalan baik sesuai dengan time schedule yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
3. Survei venue, sound system, dan talent,
Sebuah acara akan berhasil apabila didukung oleh tepat penyelenggaraan dan performer (band) yang tepat. Tidak harus selalu tempat yang mentereng, tidak harus selalu band yang mahal. Cukup yang sesuai dengan tema acara dan dalam Concert Staging, Staging Concert & Staging Event. Sound system juga adalah hal yang perlu diperhitungkan, karena sejago apa pun suatu band jika tidak didukung sound system yang baik akan terdengar berantakan. Satu catatan lagi adalah jangan terlalu banyak band yang tampil, apalagi dengan jenis musik yang mirip-mirip. Bayangkan lo dengerin satu kaset diulang-ulang sampe 10 kali. Rasanya sama. Sebuah atau beberapa band yang sudah mempunyai album dan massa sendiri akan lebih membantu. Penempatan band sebagai main performer dan pembuka juga akan berpengaruh untuk menaikkan grafik acara. Kalau bandnya terlalu banyak, dijamin grafiknya nggak stabil dan band-band bakal ribut soal penempatan jam perform. Ini biasanya terjadi kalo ada sebuah band yang sudah merasa lebih besar dari yang band lain yang tampil setelah mereka main. Apalagi kalo sebelumnya mereka ngga dibayar, atau--lebih parah lagi--disuruh bayar untuk perform di acara dan Concert Staging, Staging Concert & Staging Event itu. Pathetik!
4. Media relations
Jangan mimpi bakal mendapatkan banyak sponsor kalau media yang mendukung acara Stage Event & Event Stage cuma sedikit, apalagi kalo ga ada. Sekarang udah banyak TV swasta, radio swasta, majalah, bahkan webzine yang mau mendukung sebuah acara yang dikemas dengan baik. Tugas seorang promoter Stage Event & Event Stage yang baik adalah merepresent acara ke media-media ini untuk dipublikasikan seluas mungkin.
5. Buat proposal
Setelah sepakat dengan pihak venue, talent, dan mendapatkan dukungan media, buat proposal yang mencantumkan ketiganya. Hal yang paling penting adalah, cari sesuatu yang bisa membuat sponsor lebih tertarik untuk berpartisipasi.
6. Cari sponsor
Tugas utama seorang marketing adalah mencari partner yang mau bekerjasama demi kesuksesan sebuah acara, dan meyakinkan bahwa setelah acara ini selesai-- dan ketika acara ini menjelma menjadi sebuah acara yang rutin dan berpengaruh Stage Lighting &
Temukan informasi Stage Concert - Concert Stage - Stage Lighting -
http://www.fupei.com
{ 0 comments... read them below or add one }
Post a Comment