Merencanakan Kegiatan Selama Liburan

Posted by anggota member on Monday, May 18, 2009

Masa liburan anak-anak masih beberapa saat mendatang. Namun, tak ada salahnya Anda dan keluarga mulai merencanakan mengisi waktu bermanfaat dan menyenangkan. Sekedar berlibur tour package ke pantai atau mengunjungi taman bermain untuk rekreasi rasanya sudah tidak asing lagi.

Sebagai orangtua, sebaiknya Anda jeli memilik alternatif kegiatan bagi si kecil mengisi waktu liburan bukan sekedar memilih
tour package. Kini banyak tersedia kursus atau pelatihan singkat bagi anak untuk mengisi waktu. Kegiatan semacam itu bisa menambah wawasan dan keterampilan si anak.

Pasalnya, mengikuti kursus atau kegiatan, bagi sebagian anak sulit dilakukan pada saat sekolah, sebab waktu belajar sekolah yang panjang hingga sore hari. Selain itu, kegiatan itu juga dapat membuat anak terhindar dari sekedar bermain atau bermalas-malasan di rumah.

Psikolog Universitas Tarumanegara, Henny E. Wirawan, M.Hum, Psi, membenarkan banyaknya alternatif yang dapat dipilih oleh orangtua dan anak untuk mengisi waktu liburan.

Mulai dari kelas olahraga, komputer atau kursus bahasa inggris hingga mengunjungi kebun raya, kebun binatang, kebun buah-buahan serta wisata ke tempat bersejarah. Semuanya sah-sah saja dilakukan.

“Yang penting ialah liburan variatif dan dapat dinikmati oleh anak. Jadi tidak perlu memaksakan rekreasi ke tempat yang jauh atau mahal,” tegas Henny.

Pada masa sekolah mereka tak punya waktu luang untuk menekuni minat masing-masing. Waktu belajar dan tugas sekolah menyita waktu, hingga tak ada lagi kesempatan mendalami bidang yang diminati.

Kebutuhan sebagian orang tua dan anak untuk mengisi liburan dengan pengetahuan dan keterampilan membuka peluang bagi penyelenggara kursus.

Kreativitas orangtua dalam memanfaatkan momen liburan mutlak diperlukan. Anak-anak membutuhkan kegiatan atau aktivitas yang lebih berguna dibandingkan hanya jalan-jalan di pusat pertokoan atau menonton televisi di rumah.

”Memang di mal, ada tempat bermain anak. Tapi, apakah itu cukup. Kalau hanya sesekali tidak mengapa, namun sebaiknya diusahakan agar lebih variatif," pungkasnya.
Tips

* Rencanakan liburan
holiday trip sebelum waktu libur tiba. Buat daftar hal-hal yang akan dilakukan atau objek yangakan dikunjungi. Sepakati dan disiplin dengan daftar program yang sudah dibuat.

* Kegiatan apapun yang dilakukan, pastikan anak Anda bisa menikmatinya. Perhatikan juga jika dia mulai terlihat bosan atau lelah.

* Apabila daerah tujuan
holiday trip itu pantai, lengkapi diri dengan cairan penahan tabir surya. Sebaliknya, jika pegunungan yang dipilih sebagai tempat berlibur, lengkapi diri dengan mantel yang hangat.

* Bersihkan badan, minimal sehari sekali, terutama apabila kita sering berkeringat, berenang di air yang tidak terjamin kebersihannya atau memakai kamar mandi bersama.

* Pilihlah tempat makanan yang sudah terjamin kebersihan makanannya. Perbanyak minum air, supaya tidak terkena dehidrasi. Pastikan air yang diminum sudah steril atau sudah dimasak.

* Jika Anda atau anak-anak punya penyakit khusus, bawalah obat-obatan yang biasa dikonsumsi atau perlengkapan pertolongan pertama pada kecelakaan,macam obat antiseptik, alkohol, kapas, dan balsem penghangat.

* Nikmati masa liburan
holiday tour Anda bersama anak-anak. Tidak perlu ke tempat rekreasi yang jauh atau mahal. Waktu yang Anda luangkan untuk anak-anak sudah sangat berharga bagi mereka.

www.republika.co.id

Temukan informasi lainnya mengenai
Trip Package | Holiday Trip | Holiday Package | Tour Trip | Tour Package | Tour Trip | Holiday Tour | Travel | Tour hanya di Trip Package : Holiday Trip Package & Tour Trip Package Vista Travel Pekanbaru Riau pada 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }