Menjaga Lapangan Futsal

Posted by sabuk item on Friday, May 1, 2009

Cara perawatan lapangan futsal sangat berbeda dengan cara kontraktor lapangan melakukan perawatan lapangan sepakbola biasa. Perbedaannya dapat dilihat dari jenis rumput futsal, lapangan sepakbola biasa atau out door adalah jenis rumput hidup yang sehari-harinya harus disiram untuk mendapatkan hasil yang sempurna, sedangkan pada rumput futsal jauh berbeda. Rumput futsal sangat anti dengan air, karena dapat mempercepat kerusakan pada rumput sintetis.

Upaya – upaya yang bisa dilakukan untuk merawat
lapangan futsal adalah:

1. Mengecek rumput tiap minggu (bisa dilakukan sendiri ataupun dengan jasa kontraktor futsal atau kontraktor lapangan).Biasanya tempat yang sering lepas adalah sisi-sisi pada garis lapangan. Itu disebabkan banyak hal, bisa saja terjadi karena kelalaian kontraktor lapangan futsal pada saat memasang rumput sintetis futsal, bisa juga karena gesekan dari sepatu pemain dan bisa juga dari keringat pemain yg jatuh sehingga menyebabkan lem rumput sintetis lepas.


2. Mengecek jaring setiap minggu.
Biasanya pemain suka menyandarkan tubuhnya pada jaring-jaring disisi lapangan, ada kemungkinan karena terdorong dan juga ada juga karena unsur kesengajaan karena kecapaian.

Antisipasi yang bisa dilakukan adalah :

1. Menyemprot rumput sintetis futsal agar tahan lebih lama (bahannya dapat dicari di google)

2. Membuat himbauan kepada pemain

Contohnya :

- Dilarang meludah dilapangan (disamping merusak lapangan dapat juga mencemari lingkungan).

- Wajib memakai sepatu karet/futsal (efek yang ditimbulkan
jika tidak memakai sepatu adalah cidera dan keringat langsung jatuh kerumput.

- Dilarang menyenderkan badan dijaring (karena dapat menyebabkan jaring kendur bahkan bisa menyebabkan jaring putus apabila kapasitas melebihi ketahanan jaring tersebut).

- Dilarang tidak mengenakan pakaian(baju) pada saat sedang bermain (sumber keringat terbanyak adalah dari badan kita,dan apabila seseorang tidak memakai baju pada saatbermain kemungkinan besar keringat akan jatuh dilapangan).

3. Memperbaiki sendiri rumput yang lepas tanpa menunggu kontraktor futsal dengan cara mengelem rumput yang lepas , lem alteco bisa dipakai untuk pilihan sementara, sedangkan untuk seterusnya silahkan tanya ke kontraktor lapangan futsal tersebut, lem apa yg digunakan.

Semoga bermanfaat bagi pemilik-pemilik lapangan Futsal di seluruh Indonesia.
Salam olahraga......

http://girsangardho.blogspot.com/


Temukan berbagai informasi lainnya mengenai
Rumput Sintetis - Rumput Futsal - Kontraktor Lapangan Futsal - Kontraktor Lapangan - Lapangan Futsal - Rumput Sintetis Futsal - Kontraktor Futsal hanya di Kontraktor Lapangan Futsal: Rumput Sintetis-Rumput Futsal & Rumput Sintetis Futsal Jakarta 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }