Gaya Arsitektur Internasional

Posted by gelasbagus on Monday, May 18, 2009

Istilah minimalis sebagai satu konsep atau gaya dalam rancangan rumah tinggal tengah marak digunakan di masyarakat kita, khususnya sejak sekitar tahun 1990-an. Sekalipun konsep dasar arsitektur minimalis ini telah muncul akibat revolsi industri dan kebangkitan paham modernisme dalam sejarah arsitektur bangunan dan berkembang sejak tahun 1920-an setelah kelahiran gaya arsitektur desain International Style yang mengusung tema functionalism (fungsinal), clarity (kejelasan) dan simplicity (kesederhanaan). Satu gerakan penolakan terhadap peniruan dan pengulangan bentuk-bentuk lama serta penggunaan ornamentasi masa klasik yang dipandang berlebihan, non struktural dan sekadar tambahan yang sebenarnya tidak memberi makna apa-apa dalam arsitektur bangunan desain. Di lain pihak menyuarakan kenyataan kemajuan teknologi dalam proses rancangan desain minimalis, konstruksi rumah minimalis dan struktur bangunan minimalis yang memberi kemudahan, akurasi dan efisiensi.

T
okoh arsitektur modern yang lantang menyuarakan gerakan ini antara lain adalah Berlage di Belanda, Peer Behrens di Jerman, Louis Sullivan, Frank Llyod Wright dan Ludwig Mies van de Rohe di Amerika yang terkenal dengan pernyataannya bahwa keindahan dalam arsitektur minimalis adalah karena kesederhanaannya Less is more, Le Corbusier dari Perancis yang terkenal dengan sistem Le modular- nya, satu konsep rancangan dengan pendekatan perulangan unit-unit bangunan rumah minimalis untuk kemudahan penyusunan standar fungsional dan modulasi sistem struktur serta kecepatan pembangunan arsitektur rumah minimalis yang memungkinkan sistem konstruksi arsitektur bangunan dengan material bangunan rumah minimalis prefabrikasi dan Adolf Loos di Inggris yang menyimpan kebencian pada ornamentasi dan dipandangnya hanya sebagai satu bentuk ketakutan terhadap kekosongan ruang desain minimalis (horror vacui). Pernyataannya yang terkenal adalah ornament is crime.

Di Indonesia arsitektur desain rumah minimalis berkembang pesat melalui kelompok Arsitek Muda Indonesia akibat penguasaan teknik presentasi desain bangunan minimalis melalui alat bantu teknologi komputer. Satu terobosan penting dalam bidang sajian gambar arsitektur rumah minimalis yang praktis dan nyata. Sistem modul, akurasi dimensi, pilihan warna, pencahayaan dan tekstur tersedia sedemikian rupa oleh teknologi informasi yang sedang berkembang. Desain arsitektur bangunan desain hadir melalui konfigurasi pilihan referensi yang telah disediakan teknologi informasi dengan cepat.

http://nustaffsite.gunadarma.ac.id/

Un
ntuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Arsitektur Minimalis | Arsitektur Bangunan | Arsitektur Desain | Desain Minimalis | Rumah Minimalis | Bangunan Minimalis | Bangunan Rumah Minimalis | Arsitektur Rumah Minimalis | Bangunan Desain | Arsitektur dan Arsitektur Minimalis & Bangunan:Desain Minimalis & Rumah Minimalis Sidoarjo Jawa Timur di 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }