Tips Berbisnis Konveksi

Posted by Sate Ayam on Wednesday, February 25, 2009

Bisnis konveksi(cth Konveksi Baju, Konveksi Pakaian) terus menjadi tren di kalangan pebisnisnya. Permintaan akan produk konveksi datang silih berganti dalam jumlah partai kecil hingga besar. Tentunya perkembangan konveksi, ataupun konveksi menambah peluang. Order dari komunitas-komunitas yang ingin menyelenggarakan acara tertentu, pakaian seragam dari sekolah-sekolah di setiap tahun ajaran baru, seragam karyawan dari perusahaan-perusahaan, dan permintaan berbagai jenis konveksi cth Konveksi Baju, Konveksi Pakaian untuk kepentingan pemilihan umum dan sebagainya.

INDUSTRI PENDUKUNG DAN TERKAIT

+ Indutri pendukung yang cukup lengkap untuk kegiatan utama seperti : jasa jahit bordir (misalnya bordir komputer), Jasa washing, jasa seterika, jasa sablon, jasa lobang kancing. Jadi semakin banyak variasi Jahitan Baju, Jahitan Pakaian, Pakaian Seragam atau Baju Seragam.
+ Sistem perburuhan yang lebih mirip subkont memudahkan pengaturan kapasitas produksi pelaku industri konveksi
+ Institusi trading house yang bergerak sebagai pusat informasi dan pemasaran produk konveksi (cth Jahitan Baju, Jahitan Pakaian, Pakaian Seragam atau Baju Seragam)
- Indutri pendukung yang sangat miskin untuk kegiatan distribusi.

- Belum ada sekolah model atau desain pakaian
- Traiding house belum kuat

KONDISI PERSAINGAN DAN STRATEGI PELAKU

• Persaingan usaha konveksi yang cukup dinamis dengan pelaku yang sangat banyak, Industri konveksi telah terdefragmentasi dengan sempurna (tidak ada pelaku dominan)
+ Terdapat ruang yang besar untuk berdiferensiasi sehingga hampis semua pelaku fokus pada beberapa jenis produk saja
- Kecenderungan input, Sebagian pelaku masih mengandalkan tenaga kerja keluarga yang lebih murah (Buat Baju, Buat Pakaian menjadi terhambat)
- Perlindungan HAKI, Belum ada perlindungan HAKI, Sebagian pelaku cenderung untuk menciplak mode bukan menciptakan sendiri (misalnya Buat Baju, Buat Pakaian).
- Potensi pengembangan, Pengusaha konveksi masih enggan mengurus legalitas usaha, karena dianggap mahal dan sulit

Temukan informasi mengenai Konveksi Baju, Konveksi Pakaian, Jahitan Baju, Jahitan Pakaian, Jahit Baju, Jahit Pakaian, Buat Baju, Buat Pakaian, Pakaian Seragam, Baju Seragam dan Jahit & Konveksi Baju:Buat & Jahitan Baju - Pakaian & Baju Seragam Jakarta pada 88db.com

pengusaha-indonesia.com

{ 0 comments... read them below or add one }