Desain Grafis Bisnis Menguntungkan

Posted by jenggot kambing on Tuesday, August 18, 2009

Dengan semakin menjamurnya berbagai media seperti penerbitan, web, telvisi, iklan, dan sebagainya, maka tidak heran mulai bermunculan para Desainer Grafis yang menggantungkan masa depannya dalam bidang ini. Melihat kenyataan ini, beberapa tahun terakhir mulai marak lembaga pendidikan yang menawarkan keahlian bidang Desain Grafis ini, mulai dari lembaga kursus hingga perguruan tinggi.

Komputer dan software Design Grafis terus berkembang, bahkan hampir semua kebutuhan desain mulai desain cover majalah hingga ke pesawat terbang. Sebut saja misalnya software CATIA yang cukup handal dan banyak digunakan para desainer otomotif di seluru dunia. Begitu juga dengan software desain lainnya seperti CorelDraw, AutoCad, Photoshop, dan sebagainya juga menyediakan berbagai fasilitas yang bisa digunakan untuk mempercepat proses desain ini.

Komputer dan software Grafis Desain dewasa ini semakin memberikan kemudahan untuk mengerjakan pekerjaan tidak sebatas Design Grafis untuk keperluan media saja, melainkan mencakup dunia periklanan, produk, interior, arsitektur dan sebagainya. Maka tidak salah kalau saat ini kalangan perguruan tinggi sudah memasukkan salah satu matakuliah komputer desain sebagai mata kuliah wajibnya

Media yang sebelumnya hanya terbatas pada kertas dan kanvas, sekarang bertambah dengan lembar-lembar elektronik. Lahan pekerjaanpun berkembang, dengan munculnya Desain Grafis web, presentasi multimedia dan lain sebagainya. Meskipun masih ada keterbatasan, tetapi komputer sangat membantu dalam kecepatan dan presisi hingga 8 digit pada satuan terkecil yang telah dikenali oleh komputer.

Desain mungkin lebih condong pada kaitan Grafis Desain pada dunia promosi, karena pangsa pasar bisnis Design Grafis banyak dibutuhkan oleh perusahaan dalam rangka mengenalkan produknya.

Desain adalah suatu proses panjang dalam pekerjaan yang erat kaitannya dengan seni untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan seorang Desainer Grafis tugasnya menyampaikan pesan atau informasi dari klien ke pelanggan (user). Ukuran suksesnya sebuah karya desain dapat diukur dari tingkat kepuasan user. Jika pelanggan puas maka klien akan puas, atau dengan kata lain jika produk yang ditawarkan laku, maka klien akan puas.

pranata.lipi.go.id

Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action Sekarang

{ 0 comments... read them below or add one }