Vitalnya Sebuah Fungsi Equalizer Dalam Menata Sebuah Suara

Posted by jenggot kambing on Friday, October 21, 2011

Membahas masalahEqualizerualizer memang sangat luas, karena sebuahEqualizerualizer bagi sound engginering bisa difungsikan dalam berbagai macam kegunaan, nah dalam tulisan saya kali ini naknus akan membahas tentang filering, cutting, boosting atau enchancing dalam penggunaanEqualizerualizer.



Dalam sebuah lagu terkadang ada salah satu atau beberapa track instrument ataupun vocal yang ingin lebih ditonjolkan, dipoles ataupun diberi karakter. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menaikkan beberapa frekuensi “kunci” denganEqualizerualizer, misalkan dengan menaikkan frekuensi 5 kHz agar track vocal terdengar lebih jelas, menaikkan frekuensi 2-4 kHz pada kick drum agar lebih terdengar memiliki “metal sound” dan lain-lain. Proses menaikkan gain salah satu atau sebagian frekuensi ini disebut dengan boosting atau enhancing.


Memanipulasi frekuensi-frekuensi pada peralatanEqualizerualizer membutuhkan pengalaman baik secara teori maupun praktek. Saran dari naknus jika anda cuman memperdalam teori saja maka saya rasa kurang lengkap, karena secara prakteknya, mengaturEqualizerualizer butuh kejelian dari telinga dan percobaan terus dan terus, juga sharing dari temen yang berpengalaman merupakan hal yang ampuh, tukas Wisnu Ari punggawa dari j18entertainment Sound Entertaiment


DenganEqualizer kita juga dapat merubah tonal pada peralatan seperti gitar, bas maupun keyboard. Ataupun jika anda seorang sound engineering dengan peralatanEqualizer anda bisa meng-cut sound feedback yang ditimbulkan oleh microphone saat pertunjukan live. Ataupun dengan bantuanEqualizer anda bisa mengkondisikan output suara speaker agar sound buangnya cenderung ke arah natural atau mirip dengan aslinya. Dan banyak sekali hal-hal yang bisa kita lakukan dengan peralatanEqualizer yang bakal menyita lembaran artikel jika dijabarkan satu persatu.

Info terkait - j18entertainment

{ 0 comments... read them below or add one }