Rivalitas Sang Legenda Honda NovaSonic 125 Dengan Satria Fu

Posted by jenggot kambing on Wednesday, July 13, 2011

Honda Nova Sonic 125 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2000an dan masuk Indonesia sekitar tahun itu secara CBU kalo gak salah lewat AHM (kalo gak salah lho ya) membawa 2-type, yaitu Honda Nova Sonic RS dan Honda Nova Sonic 125 RS Super (bedanya cuman di model velg dan sistem starter). Waktu itu Sonic seperti menjadi first mover buat spesies ayam jago modern meskipun jauh sebelumnya sudah ada ayam jago Yamaha Champ dan Suzuki Sprinter yang masih berdesain klasik/jadul. Makanya sewaktu saya bawa Suzuki Raider 125 pun sering dikira Sonic oleh orang-orang yang kurang paham (ya seperti orang daerah yang nyebut motor = honda, matic = mio, jadi ayam jago = sonic).


Honda Sonic 125 hadir dengan desain ciamik dan sporty, dan berkat penampilannya yang cakep inilah Sonic selalu mencuri perhatian di jalan raya pada masa itu. Tampilan ayam jago dengan shock depan ala motor sport dan shock belakang monoshock memberikan aura sporty pada Sonic. Perangkat pengereman sudah mengandalkan disc brake di roda depan dan belakang dan di dukung dengan jeroan spare pat motor yang berkualitas

Untuk urusan dapur pacu, Sonic 125 dibekali mesin semi tegak berkapasitas 125cc SOHC 2-katup lebar dan berpendingin radiator. Enjin 125cc tersebut mampu menyemburkan power sebesar 13,5 bhp (10 Kw), limiter rpmnya pun cukup tinggi, yaitu 10500 rpm, Selain itu kompresi rasionya juga terhitung tinggi, yaitu 1:11, So untuk menggayuh top speed 125-130 kmh pun bisa didapat dengan mudah. Bahkan, mesin Honda Sonic 125 RS ini dijadikan basis pengembangan mesin motor sport Honda yang kini tengah ramai dibicarakan di dunia permotoran, Honda CBR 150 yang diupgrade menjadi DOHC 4-valve. Didukung dengan transmisi 5 percepatan dan kopling manual menambah kesan “sport” pada ayago sayap kepak ini.

Meski sudah muncul versi facelift dengan Sonic 125 RS Super baru, namun rondhonya (bekasnya) Honda Sonic 125 RS versi pertama masih cukup menggoda untuk dimiliki. Karena selain memang desainnya yang masih desainnya gak kalah dengan motor sekarang dan performanya pun cukup mantap mumpuni untuk bersaing dengan motor-motor keluaran anyar. Untuk dipakai sebagai barang koleksi atau sekedar pengen tampil beda pun sangat layak karena populasi Honda Sonic tidak banyak di Indonesia

Kalo dilihat-lihat sih, harga seken Honda Sonic bisa didapat dengan harga mulai 7 jutaan saja

Info terkait – spare pat motor

{ 0 comments... read them below or add one }