Cara Praktis Bikin Kue Basah

Posted by jenggot kambing on Thursday, July 21, 2011



SEBELUM memutuskan membuat kue basah, perhatikan tip ini untuk mendapatkan kue yang tidak mengecewakan.

bahan kue


- Telur: harus segar dengan suhu ruangan. Sebaiknya jangan memakai langsung telur yang baru dikeluarkan dari kulkas. Sebaliknya, keluarkan dulu, kemudian biarkan beberapa lama di suhu ruangan agar telur tidak dingin lagi dan kue bisa mengembang sempurna.

- Tepung terigu: perlu dijemur kering dan diayak. Mentega tawar: pilih yang tidak tajam aromanya. Mentega (butter) terbuat dari susu sapi sehingga kue atau bolu terasa lezat dan mewah. Jika dikehendaki dapat digantikan dengan margarin yang terbuat dari minyak nabati.

- Kocok bahan-bahan yang diperlukan hingga sesuai dengan yang tertera pada resep. Empat butir telur baru mengembang dan kental setelah dikocok selama sekitar 15 menit. Putih telur akan mengembang sempurna bila mangkuk yang dipakai benar-benar kering dan sama sekali tidak tercampur kuning telur.

- Bagaimana mengetahui putih telur yang dikocok sudah mengembang sempurna? Mudah saja. Caranya balikkan mangkuk berisi putih telur yang telah dikocok. Kalau dikocok dengan sempurna, pada saat mangkuk dibalikkan, putih telur tidak akan tumpah.

- Sebelum mencampurkan tepung ke dalam adonan, nyalakan api dan panaskan oven kurang lebih 15 menit sebelum adonan dimasukkan. Ketika kue matang, tepinya akan mengerut sedikit ke dalam. Untuk memastikan, tusukkan sebatang lidi di bagian tengah kue. Jika kering tandanya kue sudah matang.
(SINDO//tty)

Lihat juga artikel: Resep Kue Basah: Kue Cucur

{ 0 comments... read them below or add one }