Mixer Roti Merupakan Alat Penting Dalam Pembuatan Roti dan Kue

Posted by jenggot kambing on Monday, April 3, 2017



Mixer Roti  Alat Penting Untuk Bikin Roti dan Kue

Mixer merupakan alat untuk mencampur dan mengaduk adonan roti dan kue oleh karena itu mixer merupakan salah satu alat penting. Dalam pembuatan roti dan kue menjadi alat bantu yang sangat diandalkan selain oven. Dengan adanya mixer pembuatan roti dan kue menjadi lebih mudah dan cepat juga dapat menghemat tenaga. Hasil roti buatannya jadi lebih lembut, empuk, mengembang dengan sempurna. 

mixer roti

Roti yang lembut, empuk, lezat rasanya pasti banyak dicari semua orang oleh karena itu hal tersebut menjadi standarisasi pengusaha roti. Dalam membuat roti yang sesuai standart tentu peralatan yang memadai sangat diperlukan demi terciptanya roti yang enak dan disukai masyarakat. Kini standarisasi rasa roti adalah lembut, manis, enak dan lezat pastinya. Jika roti yang diciptakan oleh pengusaha roti tidak seenak itu maka tentu konsumen tudak akan mau membeli roti tersebut. Otomatis penjualan akan menurun dan pabrik roti bisa bangkrut, oleh karena itu penting bila seorang pengusaha memiliki alat mesin roti.

Mixer roti merupakan alat wajib yang harus ada dalam pembuatan roti. Karena alat ini berfungsi untuk mencampur bahan bahan adonan roti dan mengaduk adonan roti hingga kalis. Hingga menjadi suatu adonan yang mengandung gluten yang siap dibentuk menjadi roti yang lezat. Kini bisnis roti merupakan bisnis yang menguntungkan. Karena roti salah satu makanan simpel yang bisa dinikmati kapan saja dan bisa dimodifikasi menjadi menu yang disukai sesuai selera.

Berikut ini ada resep roti sultana yang bisa anda jadikan referensi menu produksi roti anda atau menu kedai roti anda. Agar disukai masyarakat dan menjadi keuntungan buat anda, Simak berikut ini:

Bahan:
- 200 gram kismis, rendam air hangat selama 30 mnt dan  tiriskan.
- 1 sdm gula pasir
- 1 sdt essens rum (optional)
- 3 sendok makan selai aprikot buat olesan roti

Glaze, aduk rata homogen:
- 1 kuning telur
- 1 sdm susu cair

Cara membentuk:
Siapkan mangkuk, masukkan kismis serta butir kering lainnya (sultana), tuangkan air hangat sampai menutupi kismis. Biarkan selama 15 - 30 mnt. Tiriskan. Beri 1 sdm gula serta essens rum (Jika suka ), aduk rata dan  pisahkan.

Letakkan adonan croissant yg sudah jadi pada meja yang sudah ditaburi menggunakan tepung pada permukaannya. Gilas campuran croissant setebal + 1 cm memakai penggilas kayu. Bentuk adonan sebagai 4 persegi panjang.

 Taburi permukaan adonan menggunakan kismis, sampai merata pada permukaannya, sedikit tekan-tekan kismis menggunakan ujung jari tangan agar kismis menempel pada campuran. Gulung campuran menjauhi badan anda sembari agak ditekan agar kismis benar-benar melekat dan  tidak lepas asal adonan ketika campuran kita pangkas-pangkas.

Potong-potong gulungan adonan menggunakan ketebalan + 2 cm, tata gulungan campuran di loyang datar buat memanggang yang telah kita alasi dengan kertas baking sebelumnya. Tata menggunakan jarak agak berjauhan karena ketika dipanggang maka roti akan mengembang. Olesi bagian samping gulungan campuran (jangan pada bagian potongannya ya) menggunakan glaze (kuning telur+susu). Tutup permukaan loyang menggunakan plastik serta abaikan hingga adonan membesar dua kali lipat atau sekitar 1 jam.

Panaskan panggang 30 menit sebelumnya, set dengan suhu 180'c. Masukkan loyang berisi adonan roti yg telah diistirahatkan. Panggang selama + 25 - 30 mnt atau ketika bagian atas roti mulai coklat keemasan. Keluarkan berasal panggang.

Rebus selai aprikot di atas kompor, aku menggunakan sendok sayur dari stainless steel, sampai selai meleleh dan cair. Oleskan selai aprikot pada permukaan roti yang masih panas menggunakan kuas sampai homogen serta mengkilap. Dinginkan dan  roti siap disantap.


Demikian pembahasannya tentang pentingnya penggunaan mixer dalam pembuatan roti. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan.

{ 0 comments... read them below or add one }