Pentingnya Mesin Press Plastik Dalam Proses Pengemasan Produk

Posted by jenggot kambing on Sunday, July 10, 2016



Mesin Press Plastik Berperan Penting Dalam Pengemasan


Pengamasan dalam produksi makanan memang sangat penting oleh karena itu mesin press plastik amat sangat di andalkan. Mesin ini sangat penting dalam proses pengemasan tentunya diindustri makanan dan minuman serta produk lainya. Karena memang pengemasan pres plastik (sealer) sangat menentukan sekali keamanan produk yang ada didalamnya.

mesin press plastik
 
Mesin press plastik (mesin sealer) merupakan salah satu alat yang tidak dapat dipisahkan dari industri pengemasan makanan. Baik yang berskala kecil, sedang maupun besar. Mesin press plastik memiliki beberapa jenis dan fungsi yang berbeda-beda sehingga penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pemiliki industri makanan.

Berikut 5 jenis mesin sealer yang umum digunakan di dunia industri yang perlu untuk kita ketahui:

Mesin Press Plastik Hand Sealer
Merupakan mesin yang digunakan untuk mengemas atau menyegel berbagai jenis plastik. Cara pengoperasiannya sangat mudah yaitu dengan meletakkan plastik yang akan dikemas diantara mesin lalu ditekan menggunakan tangan.

Produk yang dikemas dengan mesin press plastik jenis ini akan lebih higienis selain membuat produk terlihat lebih menarik sehingga menarik pembeli. Keunggulan produk ini adalah karena mesin ini portable, jadi dapat digunakan dimana saja dan dapat dipakai oleh para ibu rumah tangga.

Mesin Press Plastik Cup Sealer
Atau alat pres gelas plastik Merupakan mesin khusus yang dirancang untuk menutup kemasan produk yang berbentuk gelas plastik. Umumnya digunakan oleh berbagai UKM terutama pada produk minuman seperti jus, yogurt, teh dan lain-lain. Dengan mesin press plastik jenis ini, produk minuman yang ditawarkan akan lebih bersih dan higienis serta tidak tumpah.

Fitur dan spesifikasi mesin cup sealer berbeda-beda tergantung jenisnya, misalnya mesin cup sealer manual tentunya memiliki kapasitas yang lebih kecil jika dibandingkan dengan mesin cup sealer semi otomatis maupun yang otomatis. Sebaiknya penggunaan masing-masing mesin disesuaikan dengan kebutuhan usaha UKM Anda.

Mesin Press Plastik Vacuum Sealer
Mesin yang digunakan untuk membuat kantong plastik kemasan hampa udara. Tujuan dari hal ini adalah memperlambat proses oksidasi pada produk terutama yang berupa makanan. Produk yang berupa makanan pada kondisi biasa akan membusuk kurang lebih setelah 4 hari, dengan mesin press plastik jenis ini produk dapat bertahan hingga kurang lebih 20 hari.

Mesin Continuous Sealer
Merupakan mesin press plastik yang bekerja secara terus menerus. Mesin jenis ini biasanya digunakan untuk mengemas plastik secara semi otomatis dan merupakan alat penting dalam industri pengemasan makanan secara umum yaitu sebagai alat untuk menyegel atau menutup kemasan pada aluminium foil dan plastik.
Selain itu, mesin press plastik jenis ini memiliki beberapa kelebihan seperti:


  • Memiliki tingkat segel yang baik, artinya makanan yang dikemas dengan mesin ini benar-benar tertutup rapat sehingga produk tetap segar, tahan lama, tidak terkena proses oksidasi dan tidak mengalami kerusakan biologis.
  • Memiliki kecepatan sealer yang berbeda-beda sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan industri Anda. Misalnya mesin dengan kecepatan 12m per menit panjang mesin dapat mengemas sebanyak 40 kemasan produk tiap menitnya untuk plastik berukuran 30 cm.
  • Memiliki sistem pencetakan tanggal kadaluarsa produk sehingga menguntungkan pemilik karena tidak perlu membeli mesin pencetak tanggal kadaluarsa.
  • Beberapa jenis mesin ini dibuat dari bahan anti panas serta body dari stainless steel yang kuat sehingga mesin tahan lama dan memiliki performa kerja yang bagus. Pada jenis tertentu mesin press plastik yang satu ini dilengkapi dengan roda untuk memudahkan pemakai dalam proses pengemasan.


Mesin Press Plastik Pedal Sealer
Merupakan mesin yang serupa dengan hand sealer tetapi menggunakan pedal atau injakan untuk melakukan performa kerjanya. Mesin ini dapat menyegel atau mengemas kantong plastik dengan bahan dasar PE, PVC, PP, Aluminium Foil.

Keunggulan mesin ini daripada mesin hand sealer tentu saja lebar kemasannya lebih besar, lebih mudah penggunaannya serta lebih hemat selain juga memiliki kemampuan mencetak tanggal kadaluarsa produk.
Demikian pembahasannya tentang pentingnya mesin press plastik dalam industri dalam proses pengamasan semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan.

{ 0 comments... read them below or add one }