Surabaya Terapkan Transportasi "Bemo Modern"

Posted by anggota member on Tuesday, January 19, 2010

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berencana membangun sistem transportasi ramah lingkungan dengan mengubah kendaraan umum roda empat mobil Surabaya atau bemo yang selama ini dipakai menjadi "bemo modern".

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Tri Rismaharini, di Surabaya, Minggu, mengatakan, pihaknya saat ini sedang mengonsep kendaraan tersebut. "Kami sudah punya desain bemo modern tersebut," katanya.


Menurut dia, secara singkat bentuk dari kendaraan bemo tersebut tidak jauh bedah dengan yang lama. Hanya saja di dalam bemo tersebut agak longgar atau besar dibandingkan dengan bemo yang ada saat ini, dan kemungkinan terdapat pendingin ruangan.


Semua itu, lanjut dia, diharapkan para penumpang bisa merasa nyaman di dalam kendaraan
mobil Surabaya. Apalagi Surabaya sebagai kota industri terkenal udaranya panas di musim kemarau.


Selain itu, kata dia, tentunya bahan bakar "bemo modern" tersebut sebisa mungkin akan ***sahakan ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi.


Rencananya, lanjut dia, "bemo modern" tersebut akan direallisasikan pada tahun 2011. "Wali kota yang terpilih dalam Pilkada Surabaya 2010 yang akan melaksanakannya," ujarnya.


Tentunya wali kota mendatang punya tugas penting dalam merealisasikan proyek tersebut. Pasalnya para investor masih menunggu selesainya proses Pilkada yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 2 Juni 2010.


Saat ditanya berapa anggaran untuk pengadaan "demo modern" tersebut, Risama mengaku pihaknya belum bisa merincinya. "Begitu wali kota terpilih, maka akan kami hitung biayanya," katanya.


Sementara itu, kata dia, rencana pengadaan transportasi "busway" seperti yang selama ini diterapkan di Jakarta dan Yogyakarta, pihaknya masih menunggu selesainya pembangunan "frontage road" (pelebaran jalan) di Jalan Ahmad Yani.


"Nanti kalau sudah selesai 'fontage road', maka itu akan dibahas," katanya.


www.antarajatim.com

{ 0 comments... read them below or add one }