Panduan Mengelola Rumah Kontrakan

Posted by Sate Ayam on Thursday, January 14, 2010




Mengelola bisnis
kontrakan murah untuk rumah kecil memang gampang-gampang susah. Tapi, kalau anda jitu dalam mengelolanya, bukan tidak mungkin kalau hasilnya nanti bisa membuat anda kaya raya. Mau tahu caranya? Simak panduan berikut. ::pilih lokasi yang strategis.
Sukses atau tidaknya bisnis rumah kontrakan murah anda sangat tergantung dari lokasi. Nah, biasanya lokasi yang strategis untuk bisnis ini adalah lokasi yang banyak memuat orang yang masih lajang, baru menikah dan kemampuan ekonominya rendah. Pasalnya, orang-orang inilah yang paling banyak membutuhkan rumah kontrakan. Walaupun ada juga alasan lainnya, seperti dekat dengan lokasi kantor, lokasi sekolah, atau orang yang merantau.


::buat perincian dengan matang

Jangan lupa untuk menghitung untung ruginya. Caranya, hitung pemasukan uang
rumah kontrakan murah yang akan anda terima dari semua rumah itu dalam setahun. Lalu kurangi dengan biaya-biaya rutin yang harus anda bayar seperti listrik, air, dsb (kalau memang itu semua anda yang bayar). Kalau minus, berarti anda rugi. Tetapi kalau plus, berarti anda untung. Selain itu, hitung pula biaya renovasi rumah jika masa kontrak sudah habis. Karena biasanya ada saja 'bekas' yang ditinggalkan pemilik lama, dan untuk mengontrakannya kembali, pastinya anda perlu melakukan perbaikan dulu agar harga sewanya bisa lebih tinggi. Nah, untuk menutup biaya renovasi rumah kontrakan itu anda bisa 'bermain' dengan harga sewa rumah dengan penyewa baru. Tapi, alangkah baiknya, jika anda bisa bernego dengan penyewa lama, agar dialah yang mengganti semua kerusakan.


::hati-hati dengan calon penyewa

Positive thinking itu perlu, tapi kewaspadaan tetap harus ada. Sebelum menyerahkan rumah kontrakan anda pada seseorang, maka ada baiknya anda selidiki dulu asal usul orang itu. Pasalnya, banyak kasus penyewa rumah yang 'mempreteli' peralatan rumah, seperti gagang pintu, terali, dsb, lalu lari entah kemana.


::pastikan semua tagihan sudah terbayar

Jika penyewa kontrakan memutuskan untuk menghabiskan masa kontrak, maka pastikan semua tagihan seperti telepon, listrik, air dan sebagainya sudah mereka bayar. Jangan sampai anda harus mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak anda gunakan.



Http://www.conectique.com

{ 0 comments... read them below or add one }