Desain Ruang Tamu Minimalis

Posted by Sate Ayam on Wednesday, January 20, 2010




Ruang tamu diciptakan bagi tamu yang berkunjung. Kendati tamu hanya singgah sementara di rumah, arsitektur ruang interior yang disajikan di ruang ini tidak bisa asal-asalan.
Pasalnya meski kecil, ruang tamu merefleksikan keseluruhan rumah anda. Arsitektur ruangan yang berada di posisi depan inilah yang sering dikunjungi, terutama tetangga yang sering bertandang. Selain itu, arsitektur interior atau tampilan ruang tamu memunculkan penilaian tersendiri dari tamu terhadap si empunya rumah. Karena itu, ruang tamu harus dapat memberi rasa nyaman dengan tampilan yang indah.
"arsitektur ruang dan interior ruang tamu biasanya mencerminkan pribadi penghuninya. Meski terlihat simpel, penataannya harus disesuaikan dengan furnitur dan gaya arsitektur rumah bersangkutan," kata arsitek dari pt bangun rumah persada, widi sudarmoko.
Kesan indah tidak hanya terfokus pada sofa ataupun meja. Kesan indah juga bisa ditampilkan pada dinding dengan menempelkan wallpaper pada salah satu bidangnya. Sebaiknya, saran widi, bidang yang diberi wallpaper adalah yang ingin dijadikan point of interest dari arsitektur ruangan anda. Wallpaper yang digunakan sebagai hiasan di dinding ini lebih baik yang berwarna gelap. "untuk menjadi pusat perhatian, warna gelap akan memberikan kesan lebih kuat," ujarnya.
Namun, untuk pemilihan warna untuk arsitektur interior, anda tidak perlu bingung dan terpaku pada satu warna. Pilihlah warna sesuai suasana yang ingin anda tampilkan. Jika ingin menampilkan suasana ruang tamu yang akrab, warna kalem atau pastel seperti warna cokelat bisa dipilih.
Namun, pemilihan warna pastel ini tidak perlu ditampilkan untuk seluruh ornamen atau furnitur karena bakal membosankan. Beberapa warna pastel saja sudah bisa mewakili gambaran suasana yang ingin dihadirkan
Sementara itu, untuk penempatan furnitur, sebaiknya disesuaikan dengan konsep atau gaya ruang tamu yang diinginkan. Jika gaya arsitektur rumah minimalis, furnitur yang digunakan adalah yang simpel. Sementara itu, untuk rumah bergaya arsitektur tradisional, kursi berbentuk ukiran bisa menjadi pilihan tepat untuk mengisi ruang tamu tersebut.


Http://lifestyle.okezone.com

{ 0 comments... read them below or add one }