Ubah Suasana Gorden Rumah

Posted by malamjumat on Monday, April 20, 2009

Selain sebagai penutup pandangan dari luar melalui jendela, ternyata gorden pun memainkan peranan penting sebagai penebar suasana. Warna gorden yang tidak sesuai bisa membuat penghuni rumah tidak nyaman, termasuk para tamu yang bertandang.

Seiring perkembangan industri properti saat ini, perkembangan interior, termasuk gorden, juga meningkat. Bentuk, warna, dan desain gorden terus mengalami banyak perubahan dan inovasi. Termasuk dalam bordir, seperti desain bordir: gambar bordir, jahit bordir, motif bordir, dsb.

Karena itu, kini tak perlu sulit menentukan gorden pilihan untuk mengganti suasana baru di rumah. Ini langkahnya:

Bahan
Tidak salah, bahkan lebih baik memang memilih bahan gorden dengan kualitas baik. Hanya saja, pemilihan ini harus ditunjang anggaran lebih. Toh, kualitas baik memberikan kualitas yang bagus dan tahan lama.

Buat Anda yang memiliki anggaran terbatas, bahan poliester seharga puluhan ribu per meter sudah cukup. Dengan warna dan motif beragam (termasuk motif bordir, gambar bordir, desain bordir), bahan-bahan ini mudah didapatkan di pasar tradisional atau gerai khusus gorden.

Lain halnya dengan gorden berbahan linen. Hadir dengan berbagai hiasan bordir (misalnya bordir komputer), bahan kain seperti ini harganya cukup tinggi dan terbilang nomor dua setelah bahan sutera. Sementara memilih bahan sutera pun harganya kini sudah mencapai ratusan ribu per meter. Tetapi jangan kuatir, selain halus dan lembut, detail-detail motifnya begitu cantik dan sedap dipandang mata.

Ukuran
Baik di toko khusus atau di beberapa pasar kain di Jakarta, bahan gorden banyak dijual dengan panjang yang bisa disesuaikan dengan ukuran jendela Anda. Untuk ukuran lebar umumnya yang tersedia adalah bahan berukuran 1,4 meter dan 2,8 meter. Pada model-model tertentu poni atau draperi, Anda akan membutuhkan kain yang lebih panjang.

Warna
Kebanyakan orang memilih gorden dengan warna senada dengan lantainya. Tetapi, bagaimana jika warna lantai tidak senada dengan gorden?

Tidak masalah, gunakan warna apa saja. Yang penting, warna gorden harus selaras dengan warna furnitur atau aksesori lain di ruangan tersebut. Pun, warna tidak harus sama dan warna turunannya pada aksesoris seperti dinding, meja dan kursi, atau karpet.

Warna kontras pada gorden juga bisa membuat membuat gorden tampak menonjol. Ini bisa Anda lakukan jika ingin memberi perhatian lebih pada gorden. Lain halnya dengan penggunaan warna gelap. Meskipun bisa menonjolkan kesan anggun dan mewah, kesalahan menempatkan warna gelap pada gorden bisa merusak tata ruang di sekitarnya.

Gaya
Minimalis
Ciri khas model gorden ini tidak bermotif atau polos. Kalaupun ada, hiasan motifnya dibentuk kecil, nyaris tidak terlihat dari kejauhan. Umumnya, kekuatan tekstur menjadi hal utama, semisal garis, bordir (jahit bordir, dsb), atau kerutan.

Klasik (Romantis)
Ciri gaya ini akan selalu memunculkan kesan teduh seirama warna dinding atau kusen jendela. Bahan material umumnya dari satin atau sutera, dengan hiasan motif renda bunga.

www.kompas.com

Temukan informasi lainnya mengenai Bordir Komputer | Bordir Baju | Jahit Bordir | Desain Bordir | Gambar Bordir | Motif Bordir hanya di Bordir Komputer & Baju:Jahit & Desain Bordir-Gambar & Motif Bordir Jakarta pada 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }