Membuat Gambar Wayang Saat Pembuatan

Posted by gelasbagus on Thursday, April 30, 2009

Barangkali masyarakat sampai saat ini masih lebih mengenal kesenian wayang kulit dari puppet shop ketimbang, bagaimana sebenarnya pembuatan wayang kulit itu. Seni tatah dan sungging dalam pembuatan wayang justru tidak banyak diketahui. “Justru tatah dan sungging itulah sebenarnya inti dari seni wayang kulit yang banyak dijual oleh penjual wayang. Tetapi keberadaannya dalam pembuatan wayang kulit memang tidak banyak dikenal masyarakat. Masyarakat tahunya ketika wayang kulit atau puppet crafts dari penjual wayang kulit sudah dimainkan,” papar BAMBANG SUWARNO Dosen pedalangan Institut Seni Indonesia (ISI) Jogyakarta, Jumat (26/12).

Tatah artinya ukir. Dalam seni wayang kulit atau
puppet crafts yang bisa dibeli di penjual wayang tak lain adalah seni ukir yang dilakukan pada sebuah wayang kulit yang bisa dilihat di penjual wayang kulit. Sedangkan sungging atau pewarnaan, merupakan bagian akhir atau finishing sebuah wayang kulit.

Di Indonesia, atau Jawa khususnya, seniman tatah dan sungging tidak banyak jumlahnya. Demikian juga keberadaan mereka diinstitusi-institusi pendidikan kesenian juga sangat jarang. Tak heran bila seniman tatah dan sungging wayang kulit dari
puppet shop biasanya adalah generasi penerus para pendahulunya.
“Tapi sekarang, keterampilan melakukan tatah dan sungging wayang kulit sudah bisa dipelajari dibangku kuliah. Tinggal nanti memoles dan lebih menajamkan kemampuan dengan bergabung pada bengkel-bengkel pembuat wayang kulit,” tambah BAMBANG SUWARNO pada suarasurabaya.net, saat ditemui di TBJ.

Keterampilan seorang seniman tatah sungging, mampu menghasilkan sebuah karya yang luar biasa indah dan hebat. Dan pada akhirnya memberikan kepuasan tersendiri bagi seorang dalang wayang kulit.
“Kalau wayangnya terlihat indah dan bergaya, memang berpengaruh pada kenyamanan dan konsentrasi sang dalang. Seniman tatah sungging memang memberikan sentuhan luar biasa pada sbeuah wayang kulit,” ujar SINARTO S.Kar, dalang wayang kulit sekaligus pemerhati seni wayang kulit gaya Jawa Timuran, pada suarasurabaya.net, Jumat (26/12) dikantornya.(tok)

http://www.suarasurabaya.net/

U
ntuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Puppet Shop - Puppet Crafts - Pembuatan Wayang - Jual Wayang - Wayang Kulit - Pembuatan Wayang Kulit - Jual Wayang Kulit dan Puppet Shop & Crafts : Pembuatan Wayang & Jual Wayang-Wayang Kulit Yogyakarta di 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }