Membuat Parcel Cantik dan Alami

Diposkan oleh malamjumat on Kamis, 12 Maret 2009

Konsep kembali ke alam (back to nature) selalu saja menghasilkan ide-ide menarik. Salah satu contohnya adalah dalam urusan mendesain parcel yang biasa disampaikan kepada kenalan, rekanan, kerabat pada hari lebaran, natal dan tahun baru. Ini bisa menjadi salah satu industri kerajinan menjanjikan.

Penggunaan daun talas sebagai bahan baku pembuatan usaha kerajinan wadah parcel rasanya menarik untuk dipertimbangkan. Bidangnya yang lebar dan seratnya yang kuat membuat daun talas mudah dibentuk menjadi bentuk apa saja. Kealamian seratnya menambah daya tarik daun talas itu untuk dijadikan industri kerajinan.

Tentu saja daun talas perlu diproses terlebih dahulu. Sebelumnya daun talas usaha kerajinan itu direbus dulu untuk membuat sifat fisik daun itu menjadi lebih liat dan lentur, tidak mudah sobek dan tidak getas. Setelah itu daun dikeringkan. Setelah kering barulah daun ini siap untuk dibentuk menjadi wadah bagi barang-barang yang hendak dihantarkan.

Kesan alami produk kerajinan ini akan lebih kuat bila desain parcel ini juga menggunakan kertas daur ulang. Cara membuat industri rumahan yang mudah, namun memerlukan kesabaran. Terlebih dahulu dibuat bubur kertas dengan bahan kertas koran dan berbagai kertas lainnya. Bubur kertas tadi dicampuri dengan kanji secukupnya. Kemudian dicetak pada papan tripleks menjadi lembaran tipis, kurang lebih setebal 0,5 senti meter, lantas dijemur. Bahan untuk membuat kertas daur ulang ini tidak hanya dari kertas bekas, bisa juga dari bahan alam seperti jerami, serutan kayu, dan tapas batang pohon pisang. Tentu sebelumnya bahan-bahan itu harus dilumatkan dahulu. Setelah bubur yang dicetak tadi dijemur dan menjadi kering akan terbentuk kertas-kertas daur ulang yang bergaya natural. Lembaran-lembaran kertas ini bisa kita buat aneka bentuk boxs dengan desain-desain yang unik. Keunikan dari kertas daur ulang ini adalah profilnya yang terkesan alami dan nyeni. Ini bisa dijadikan industri rumahan berupa produk kerajinan menarik. Parcel yang kita buat akan lebih cantik lagi bila ditempeli bunga-bunga kering.

Untuk memberi kesan modern, desainnya bisa dikombinasikan dengan kertas asturro warna-warni. Dengan kombinasi yang tepat perpaduan antara alami dan modern ini akan menghasilkan desain yang cantik. Berbeda tentunya dengan kerajinan kaleng seperti yang terbuat dari kaleng bekas, walaupun sama-sama berupa kerajinan.

Setelah parcel jadi, kita tinggal mengisinya denga barang-barang yang sesuai dengan momen pemberian bingkisan itu.


http://greenproductions.multiply.com

Temukan informasi lainnya mengenai Industri Kerajinan, Industri Rumahan, Usaha Kerajinan, Produk Kerajinan, Kerajinan Kaleng, Kaleng Bekas hanya di Industri Kerajinan & Rumahan : Usaha Produk Kerajinan Kaleng Bekas Cilandak Jakarta Selatan pada 88db.com

{ 0 komentar... read them below or add one }