Ikut Melestarikan Wayang

Posted by anggota member on Monday, March 30, 2009

Meskipun demikian, wayang seperti wayang kulit, dsb kini telah diakui sebagai Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity. Itu berarti wayang telah menjadi warisan dunia yang harus dilestarikan oleh seluruh umat manusia di dunia. Di luar negeri puppet shop juga banyak yang menyediakan aneka puppet craft dengan banyak pecintanya. Namun, beban pelestarian itu tetap ada di pundak bangsa Indonesia, para dalang, dan para pencinta wayang di negeri ini. Aneh memang wayang digemari di mancanegara, puppet shop ramai penggemar, begita juga dengan puppet craft. Kalau orang asing bisa menghargai wayang sebagai produk adiluhung, kenapa bangsa Indonesia sendiri tidak tergerak melestarikannya?

Ada banyak medan dan kesempatan kalau bangsa ini mau melestarikan wayang, yaitu melalui proses pendidikan apresiasi seni tradisi secara benar. Proses apresiasi yang benar adalah melalui kemauan dan kesadaran menyerahkan diri untuk lebur menyatukan hati dan rasa terhadap kesenian yang kita apresiasi. Bukan sekedar pembuatan wayang yang banyak, bukan juga dengan cara memaksakan diri menjual pergelaran wayang dengan bahasa yang tidak kita kuasai, atau memanfaatkan wayang untuk memobilisasi massa demi kepentingan politik sesaat.

Pelestarian wayang bisa dilakukan melalui pendidikan apresiasi seni di sekolah-sekolah, tetapi tidak perlu dengan cara mereduksi wayang menjadi salah satu mata pelajaran di sekolah. Guru mata pelajaran seni budaya dapat menyajikan pembelajaran seni wayang melalui proses pembelajaran apresiasi seni tradisi melalui seni rupa, seni tari, seni musik, dan seni teater. Bisa juga dengan membeli di tempat jual wayang sehingga murid-murid juga "tidak malu" dengan wayang.

Sekolah bisa menyelenggarakan program pentas wayang kulit, wayang orang, wayang golek dan dalang dalam kegiatan di sekolah. Pemerintah dan lembaga yang terkait dapat menyelenggarakan lomba menulis tentang wayang, lomba menggambar dan melukis wayang, pameran, pergelaran, sarasehan, dan apresiasi wayang di sekolah dan di lingkungan masyarakat, serta kegiatan-kegiatan kreatif dan inovatif lain yang bertujuan melestarikan kesenian wayang. Akhirnya wayang tidak usah dan tidak perlu dibandingkan dengan acara TV yang tidak jelas. Itu kalau kita tidak ingin dikatakan sebagai orang yang mempunyai tingkat apresiasi rendah terhadap kebudayaan dan kesenian kita sendiri.

www.kompas.com

Temukan informasi lainnya mengenai Puppet Shop - Puppet Crafts - Pembuatan Wayang - Jual Wayang - Wayang Kulit - Pembuatan Wayang Kulit - Jual Wayang Kulit hanya di Puppet Shop & Crafts : Pembuatan Wayang & Jual Wayang-Wayang Kulit Yogyakarta pada 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }