Tour Promo: Tips Travel Keliling Dunia

Posted by jenggot kambing on Tuesday, January 26, 2010


Siapa bilang liburan selalu mahal? Dengan langkah-langkah tepat dan cerdas (Tour Promo), Anda bisa melakukan travelling dengan hemat. Ini dia tipsnya.

Musim liburan. Hindari berlibur pada saat musim liburan, Natal, Lebaran, Tahun Baru, atau libur akhir pekan yang panjang. Namun, bila terpaksa harus pergi juga, cari informasi dan beli tiket lewat internet setidaknya 3-6 bulan sebelumnya.

Moda transportasi. Segera tentukan alat transportasi yang akan digunakan untuk mencapai tempat tujuan. Bila menggunakan pesawat, rajin-rajinlah mencari informasi di internet untuk mendapatkan tiket penerbangan yang murah (tour promo). Pilih maskapai penerbangan yang bisa memberikan harga paling murah, tapi kualitas layanannya cukup bagus. Lakukan hal ini setidaknya sebulan sebelumnya.

Lewat internet. Pemesanan lewat internet biasanya lebih murah daripada lewat agen perjalanan. Namun, pemesanan lewat agen juga lebih murah dibandingkan bila kita pergi secara langsung (go show) tanpa memesan tiket penerbangan dan hotel lebih dulu. Selisih harganya bisa berkali lipat lebih murah.

Voucher hotel. Bila terpaksa berlibur secara go show, membeli voucher hotel yang dijual di bandara bisa jadi salah satu pilihan. Namun, berlibur secara go show akan merepotkan bila Anda membawa anak-anak atau balita.

Tiket murah. Untuk mendapatkan tiket penerbangan murah, manfaatkan agen perjalanan yang bisa memberikan layanan bagus. Cari harga yang paling murah pada tanggal dan jam keberangkatan yang Anda inginkan, lalu daftarkan nama Anda tanpa meng-issue lebih dulu (tour promo). Jadi, selama belum berangkat berlibur, Anda masih bisa mengecek harga-harga yang ditawarkan. Bila ada yang lebih murah, jangan ragu untuk menelepon petugas agen perjalanan yang mengurus tiket Anda, dan memintanya untuk mendaftarkan nama Anda.

Soal anggaran. Katakan kepada petugasnya bahwa budget per tiket yang Anda punya untuk tanggal yang Anda tentukan. Petugas akan memberitahu Anda harga-harga yang dipasang maskapai-maskapai itu.

Minta dikabari. Minta kepada petugas biro perjalanan untuk dikabari setiap kali maskapai tertentu memberikan tiket murah, syukur kalau lebih murah dari budget Anda (tour promo).

Pesan jauh hari. Memesan tiket penerbangan dan hotel sebelum berangkat berlibur sangat penting meskipun Anda hanya berlibur ke kota kecil seperti Bukittinggi (tour promo). Anda tidak ingin kenyamanan liburan rusak atau bahkan batal hanya karena sampai di tujuan semua hotel bagus penuh atau kamar yang tersedia sangat mahal, bukan?

Rajin browsing internet. Lewat internet, biasanya hotel-hotel berbintang memberikan harga jauh lebih murah dibandingkan bila Anda pesan kamar langsung ke hotel bersangkutan. Buka situs www.asiarooms.com untuk negara Asia, www.magicaljourneys.com dan www.venere.com untuk luar Asia.

Cek fasilitas. Cek lebih dulu fasilitas hotel yang akan dipilih bila memesan lewat internet.

Manfaatkan teman. Memiliki teman atau saudara yang tinggal di kota tujuan, terutama bila tujuan berlibur ke luar negeri, bisa dimanfaatkan sebagai tempat menginap. Atau, bisa juga menyewa guest house milik Kedutaan Besar RI (KBRI) setempat.

Ikut tour. Bila liburan kali itu adalah pengalaman pertama di kota tujuan, menggunakan paket Tour Promo liburan bisa jadi pilihan agar "penjelajahan" bisa maksimal.

travel.kompas.com

{ 0 comments... read them below or add one }