Latih Disiplin Dengan Kesenian Balet

Posted by Sate Ayam on Thursday, January 28, 2010



Kursus seni menari indah seperti les ballet banyak digemari anak perempuan di perkotaan. Tak hanya menjaga tubuh tetap ramping, balet juga melatih anak berdisiplin dan lebih percaya diri.
Kendati berasal dari prancis, balet cukup populer dan banyak diminati di indonesia, terutama wanita. Ini terlihat dari banyaknya sekolah dan tempat tempat les ballet yang menawarkan pendidikan ballet anak mulai usia dini hingga kelas dewasa. Tak heran, di perkotaan banyak anak kecil yang sudah piawai meliukkan badan melalui gerakan balet yang atraktif.
Sebut saja sherina munaf. Artis cilik yang namanya melejit sejak membintangi film petualangan sherina pada tahun 2000 itu kini sudah beranjak dewasa. Selain lihai menyanyi dan bermain piano, sherina yang sejak kecil ikut les ballet juga dikenal pandai menari balet. Tak heran, gadis berusia 19 tahun ini tetap ramping, bugar, dan jauh dari kegemukan.
Menurut maestro balet indonesia, farida oetoyo,menari sangat bagus untuk tubuh, jiwa, dan pikiran. Menari balet sangat berguna untuk mengembangkan koordinasi tubuh dan pikiran, membentuk postur tubuh yang baik, melatih kecepatan berpikir, dan membangun kepercayaan diri.
Balet juga baik untuk memperkuat daya tahan tubuh, terutama anak-anak yang lemah secara fisik. Melalui balet, anak-anak belajar mengembangkan sense tentang gerakan tari, ritme, dan apresiasi terhadap musik. Farida mengungkapkan, dalam balet terkandung nilai-nilai, bukan sekadar menari.
"anak-anak bisa belajar banyak dari ballet. Dalam balet, pelajaran pertamanya adalah disiplin. Agar anak berdisiplin, kami para guru harus memberi pengertian. Misalnya di kelas pada saat latihan tidak boleh ngobrol karena waktunya juga terbatas," kata wanita yang sudah menggeluti dunia balet sejak 40 tahun silam.
Kecintaan farida terhadap dunia ballet dibuktikan dengan didirikannya kursus balet sumber cipta yang sudah berusia lebih dari 20 tahun.


Http://lifestyle.okezone.com

{ 0 comments... read them below or add one }