Makanan Khas Jawa Barat Sebagai Record Info

Posted by jenggot kambing on Wednesday, February 12, 2020


Makanan Khas Jawa Barat

Apa makanan khas jawa barat yang kamu sukai? Jawa barat memang terkenal dengan bunda kotanya, yaitu Bandung. Berbicara Bandung, beberapa kuliner khasnya (Bandung) populer memakai olahan sagu atau aci. Olahan sagu tadi mampu dibuat dengan aneka macam proses, seperti dikukus, digoreng, serta sebagainya.


Bisa kita ambil model mirip batagor, cireng, cilor, cilok, dan sebagainya. Beberapa makanan tersebut mempunyai bahan utama tepung sagu yang mempunyai aneka macam cara pengolahan yang tidak sama. Masing-masing kuliner tersebut mempunyai rasa yg membuat penggemarnya selalu ketagihan. kuliner berasal tepung sagu tadi sekarang dengan mudah ditemukan di aneka macam titik di Indonesia.

Namun, tahukah kamu Bila Jawa Barat masih menyimpan aneka macam jenis kuliner khas lainnya yang tidak terbuat asal aci. Jawa Barat tidak hanya mencakup Bandung saja. Masih ada beberapa daerah lainnya yang mempunyai kuliner spesial daerah jawa barat. Melalui makanannya yang enak sangat cocok dinikmati bersamaan dengan udara Jawa Barat yg mayoritasnya dingin.

Jenis-Jenis kuliner khas Jawa Barat

Tapai Ketan
Sama seperti kebanyakan tapai di biasanya. Tapai ketan ini diolah menggunakan cara difermentasi. Tapai ketan berasal dari Kuningan. Bahan utamanya memakai beras ketan. engkau mampu menggunakan beras ketan hitam atau beras ketan putih. Berikutnya beras ketan bisa engkau berikan warna menggunakan daun katuk hingga menjadi hijau.

Pewarnaan tersebut juga bertujuan buat membuat tampilan tapai ketan menarik. Berikutnya tapai akan dibungkus memakai daun pisang atau daun jambu. namun, asal ke 2 jenis daun tersebut yg paling tak jarang dipergunakan merupakan daun pisang.

Nasi Jamblang Daun Jati
Terlihat dari namanya, kuliner khas jawa barat yg satu ini menggunakan daun jati menjadi alas. Awal mulanya di zaman penjajahan Belanda rakyat desa Jamblang membentuk nasi yang dibungkus menggunakan daun jati. Dahulu nasi jamblang hanya menyajikan lauk tempe dan sayuran saja. tetapi, seiiring berjalannya ketika nasi jamblang mengalami penambahan lauk yang bisa dipilih.


Pada satu porsinya nasi jamblang memakai sedikit nasi serta ditumpuk berbagai lauk. Daun jati tadi nantinya akan membungkus nasi dan lauknya, sebagai akibatnya bisa membangun aroma dan rasa yang spesial terhadap nasi.

Makaroni Panggang
Makaroni umumnya memang dikenal menjadi kuliner kebarat-baratan. tetapi, Bogor punya ciptaan sendiri lho. Makaroni ini cocok disantap menjadi makanan ringan ketika kapan pun. Makaroni diolah dengan cara dipanggang. Makaroni panggang dari Bogor ini memiliki ukuran lebih panjang dengan jenis lainnya. Menariknya lagi, makaroni tersaji menggunakan taburan keju. Tujuannya buat menambah rasa legit pada makaroni tadi.

Dorokdok
Selain populer menggunakan kuliner khasnya dodol, Garut pula memiliki camilan lain, yaitu dorokdok. Dorokdok pula dikenal sebagai kerupuk kulit. Pasalnya makanan yg satu ini dibuat dari kulit sapi atau kerbau. Uniknya nama makanan ini ternyata didapat asal bunyi yang muncul saat kita mengunyahnya.

waktu mulai mengunyah akan terdengar suara “dorok dok dorok dok”. suara tersebut timbul karena teksturnya yg renyah. Kerupuk yg satu ini mempunyai bentuk memanjang. rasanya terbagi menjadi dua, yaitu legit dan anggun. Dorokdok asal sapi akan membuat rasa gurih dan renyah. Sedangkan yg berasal dari kerbau akan memberikan rasa anggun dan gurih.

Lontong Kari
dari namanya telah terdengar menarik bukan? Lontong ini tersaji dengan kuah kari. pada dasarnya tekstur lontong sama dengan jenis di biasanya. Lontong sendiri poly disantap dengan aneka macam kuah, mirip sambal kancang, kuah opor, gulai, serta jenis olahan santan lainnya. akan tetapi, engkau udah coba hidangan lontong yang satu ini belum?

Lontong kari dari asal Kabupaten Bandung. Aroma daging di lontong ini menambah rasa sedap lontong kari. Jenis daging yg digunakan bisa berupa ayam atau sapi. pada satu porsinya terdapat telur panaskan yg ditaburi kedelai goreng serta bawang goreng. jangan lupa masukkan kerupuk agar sensasi makan semakin enak.

Serabi
Serabi ialah makanan yg telah populer pada wilayah spesial Sunda, Jawa Barat. Serabi terbuat dari tepung beras. Serabi memiliki bentuk bulat dengan tekstur empuk, sehingga akan terasa lebih gurih. Selain terbuat asal tepung beras, seiiring berjalannya saat serabi bisa dirancang memakai gula dan kelapa dengan berbagai varian rasa.



Sebelumnya serabi tidak mempunyai isian. rasanya punya hanya terbilang legit dan legit. namun, saat ini serabi mempunyai poly variasi isi, seperti kornet, ayam, dan telur. tidak jarang jua serabi disajikan menggunakan rasa cantik dan gurih, seperti cokelat keju.

Tahu Sumedang
Jika makanan yg satu ini telah pasti memahami Sumbernya, yaitu asal Sumedang. memahami asal Sumedang ini sudah menyebar ke banyak sekali pelosok di Indonesia. tak jauh tidak sama berasal jenis lainnya, memahami sumedang jua dibuat menggunakan kedelai. Uniknya, tahu ini memiliki bentuk kecil dengan isian yg kopong.

tahu sumedang memiliki rasa gurih dan lembut pada lisan. Akan semakin enak Jika disantap dengan saus sambal -pedas atau cabe rawit. kuliner khas yg satu ini sangat cocok dinikmati ketika bersantai beserta famili atau kerabat terdekat.

Asinan Bogor
Mampir ke Bogor belum lengkap Jika tidak mencoba asinan yg satu ini. Asinan berasal Bogor ini dirancang asal kuah cabai merah. Meskipun demikian asinan tidak menghasilkan rasa pedas yg mayoritas. menggunakan aneka macam sayuran dan rabat buah menghasilkan asinan ini semakin terasa pedas dan segar.


Buat jenisnya sendiri, kamu mampu memilih, asinan menggunakan butir-buahan, sayuran, atau adonan dari keduanya. buah-buahan yg acapkali dipergunakan umumnya adalah bengkuang, nanas, salak, dan jambu. Sedangkan sayuran yg digunakan adalah taoge serta kol yg dipotong kecil-mungil. menggunakan menyiapakan Rp10-Rp15rb engkau sudah puas buat menikmati satu porsinya.

Jawa Barat artinya salah satu provinsi yang mempunyai poly kota pada dalamnya. Masing-masing kota hampir mempunyai kuliner khas jawa barat yang tidak sama. Selama ini yg kita tahu, berbagai kuliner khas jawa barat hanya berasal dari Bandung. Padahal, banyak kota lainnya di Jawa Barat yg makanannya tak kalah lezat lho, mirip banyak sekali jenis yg sudah disebutkan di atas.


Namun, tentu saja bunda kota berasal Jawa Barat mempunyai ragam kuliner khas yang patut kamu coba. Beberapa lainnya sempurna sudah akrab di indera pendengaran kalian, kuliner spesial bandung mirip batagor, cireng, cilok, dan sebagainya. Bandung jua mempunyai sang-sang kuliner khas jawa barat yg telah dikemas secara modern, yaitu Bandung Makuta yang dipopulerkan oleh artis cantik Tanah Air, Laudya Chintya Bella.

{ 0 comments... read them below or add one }