Cara Membuat Keripik Singkong Jadi Enak dan Krispi

Posted by jenggot kambing on Wednesday, April 4, 2018


Cara Membuat Keripik Singkong

Cara membuat keripik singkong sebenarnya mudah buat anda yang mengerti caranya. Buat yang belum mengerti caranya tentunya terkesan sulit. Kerenyahan keripik singkong dipengaruhi oleh faktor kualitas singkongnya juga dan juga tehnik pembuatannya.



Keripik adalah makanan snack renyah yang terbuat dari bahan alami yang sudah dikenal luas di indonesia hingga ke manca negara. Keripik jadi terasa enak karena diolah dengan bumbu tertentu dan ada juga yang rasa original hanya di goreng saja. Keripik singkong memang dijual dalam berbagai bentuk yang tipis, karena itu adalah ciri khas keripik. Bila diameter keripik terlalu tebal akan membuat keripik tersebut tidak akan matang dengan sempurna atau kurang krispi.

Ada banyak sekali keripik yang ada saat ini dan hal tersebut membuat persaingan dalam dunia bisnis keripik semakin tinggi. ada keripik kentang, keripik sayur dan lain sebagainya, namun yang paling banyak di cari saat ini adalah keripik singkong karena memang bahan pembuatan nya cukup mudah di cari serta keripik singkong memiliki rasa khas tersendiri.

Keripik singkong memang memiliki dayatarik yang beda dan membuat orang ketagihan karena krispinya dan rasanya yang gurih. Tak heren bila banyak orang yang membuka usaha bisnis keripik singkong. Mulai dari keripik singkong kiloan hingga keripik singkong yang dijual dengan rasa yang gurih enak, krispi dengan kemasan yang menarik. Tentunya yang memiliki kemasan yang menarik dan berkualitas dijual dengan harga tinggi.

Mulai dari Keripik singkong yang dijual dipinggir jalan dijajakan dengan gerobak hingga bisnis keripik singkong kelas kakap. Yang dibuat sedemikian rupa terlihat bagus dan berkelas saat dijual. Dengan segmen target market kelas atas, namun semuanya tergantung dari target market para pengusaha keripik. Dipasarkan untuk kelas menengah ke bawah atau kelas menengah ke atas.

Dalam membuat keripik singkong yang gurih dan krispi tentu ada beberapa hal yang harus anda lakukan dan anda pelajari. Hal pertama adalah memilih jenis singkong yang bagus untuk dijadikan keripik singkong. Seperti jenis singkong mentega, singkong gajah dan lain sebagainya, setiap singkong memiliki spesifikasi dan rasa yang berbeda-beda. Bahkan ada singkong yang memiliki racun jika tidak di olah terlebih dahulu untuk menghilangkan racunnya.

Untuk membuat keripik singkong biasanya menggunakan jenis singkong mentega, karena memiliki rasa yang enak, manis dan tekstur yang empuk. Tak heran bila banyak orang yang mencari singkong jenis ini karena cocok untuk dibuat keripik. Singkong tersebut sangat lezat untuk dimakan baik direbus atau digoreng dan juga dibuat tape.

Pilih jenis singkong yang terbaik, masih segar dan bagus agar hasil dari keripik singkong yang anda buat tetap krispi dan enak. Ciri-ciri singkong yang bagus adalah ketika kulit singkong dikupas, daging singkong masih berwarna putih mulus dan tidak ada brecak garis berwarna biru atau lainnya.

Untuk dapat membuat keripik singkong yang krispi, enak, gurih dan lezat tentunya anda membutuhkan resep keripik singkong krispi. Berikut ada cara membuat keripik singkong yang krispi agar anda dapat membuat keripik singkong tersebut simak berikut ini:


Bahan Yang Digunakan:

  • 1 kg singkong yang masih segar
  • 1 sendok makan kapur sirih
  • 250 ml air


Bumbu yang di haluskan:

  • 8 butir bawang merah.
  • 4 siung bawang putih.
  • minyak untuk menggoreng secukupnya.
  • 3 sendok makan garam halus
  • 1 sendok makan gula pasir.


Cara Membuatnya:

  • Singkong yang sudah anda pilih dan masih segar harus anda kupas kulit nya terlebih dahulu, kemudian cuci singkong yang sudah anda kupas tersebut dengan air hingga benar-benar bersih.
  • Iris singkong tipis-tipis dan sama ukuran nya agar mudah ketika menggoreng nya tidak ada yang kurang matang atau gosong nantinya. Gunakan alat pemotong keripik singkong serbaguna agar potongan nya bisa bagus dan tidak membutuhkan waktu lama untuk mengirisnya, jika tidak punya, anda bisa menggunakan pisau yang tajam agar irisan nya bagus, namun membutuhkan waktu yang lebih lama.
  • Kemudian masukkan singkong yang sudah di iris tipis-tipis ke dalam air yang sudah anda tambahkan kapur sirih agar singkong tersebut nantinya akan lebih renyah rasa nya.
  • Setelah itu haluskan bumbu yang sudah ada di atas, dan setelah halus, anda bisa memasukkan nya ke dalam rendaman singkong tersebut, lalu aduk hingga merata dan diamkan selama kurang lebih 1 jam.
  • Kemudian angkatlah singkong yang sudah anda rendam tadi dan tiriskan hingga tidak ada air yang menempel atau hingga keripik tersebut kering tanpa harus di jemur di bawah matahari.
  • Setelah itu panaskan minyak di atas api sedang, kemudian goreng singkong yang sudah kering tadi hingga matang atau krispi. Saat di goreng jangan lupa sambil di aduk agar singkong tersebut tidak menempel satu sama lain.
  • Kemudian angkat dari penggorengan dan tiriskan.
  • Setelah itu tunggu keripik singkong tersebut agar tidak ada minyak yang menempel atau hingga keripik dingin.
  • Setelah itu anda bisa menambahkan bumbu tambahan seperti perasa coklat, keju atau perasa lain nya, anda juga bisa membuat nya original dengan tidak menambahkan apapun ke dalam nya.
  • Setelah itu anda bisa memasukkan keripik tersebut ke dalam toples penyimpanan atau ke dalam wadah plastik.


Keripik singkong sangat tepat dinikmati saat santai atau saat berkumpul dengan keluarga dan teman. Anda juga dapat membuat varian rasa yang berbeda dari yang biasanya dengan berbagai macam bumbu taburan. Saat keripik singkong telah ditiriskan, itu akan menambah rasanya menjadi lebih lezat.

Demikian pembahasannya tentang cara membuat keripik singkong yang krispi, gurih, lezat. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

{ 0 comments... read them below or add one }