Jenis dan Keunggulan Alat Press Plastik untuk Pebisnis UKM

Posted by jenggot kambing on Monday, February 26, 2018



Jenis dan Keunggulan Alat Press Plastik untuk Bisnis

Alat press plastik adalah teknologi sederhana yang dapat membantu Anda dalam mengemas berbagai produk. Produk tesebut terdiri dari makanan, minuman, dan produk barang lainnya. Alat press plastik akan memberikan kemudahan mengemas lebih praktis. Alat ini memiliki berbagai tipe dan kegunaan yang berbeda.



Alat press plastik biasanya lebih sering digunakan oleh para pebisnis rumahan. Alat press plastik terbukti mampu untuk membuat tampilan kemasan lebih elegan dan rapi. Para pemula bisnis sangat mengusahakan untuk memberikan tampilan menarik bagi produknya. Mengingat produknya menggunakan brand baru, tanpa kemasan yang menarik akan menyulitkan saat dipasarkan.

Alat press plastik yang sering digunakan untuk pemula bisnis pada umumnya terdiri dari empat jenis, yaitu hand sealer, foot sealer, vacuum sealer, dan cup sealer manual. Pada dasarnya masing-masing alat press tersebut memiliki fungsi yang sama, yaitu menyegel. Namun, yang membedakan adalah cara kerja, plastik yang disegel, dan jenis produknya. 

Alat press tersebut memang belum secanggih mesin press. Alat press plastik masih menggunakan tenaga manusia untuk mengoperasikannya. Sedangkan beberapa mesin sudah diatur untuk beroperasi secara otomatis. Meskipun alat masih menjadi barang yang manual atau semi-manual, barang tersebut masih banyak dimanfaatkan.

Selain keempat jenis tersebut, beberapa alat press plastik lain yang sering digunakan adalah continuous sealer, mesin shrink, skin pack & blister, dan pallet wrapper. Keempat jenis mesin tersebut sangat jarang ditemukan di industri rumahan karena lebih akrab digunakan oleh produsen besar. Selain alat press plastik, terdapat mesin penyegel lainnya yang tidak menggunakan plastik, yaitu mesin induksi, strapping, carton sealer, mesin penutup botol, dan horizontal wrapper. 

Fungsi dari menyegel sendiri adalah untuk melindungi fisik dari produk agar tetap terjaga kualitasnya. Dengan menyegel kemasan juga dapat menghindari kebocoran yang terjadi. Selain mempertahankan isi, para produsen juga menjaga kualitas luar produk agar kemasan tidak rusak saat pengiriman atau pembagian ke berbagai distributor. 

Macam-macam alat press plastik 


  •   Hand Sealer

Hand sealer adalah alat press plastik yang dioperasikan dengan tangan. Hand sealer alat yang paling banyak digunakan oleh pemula bisnis rumahan. Alat press plastik ini mudah untuk dioperasikan siapa saja. Dengan tampilan dan bentuk yang fleksibel, hand sealer mudah untuk dibawa dan diletakkan di mana saja. 

Hand sealer memiliki sistem kerja yang memanfaatkan pemanas elektrik instan. Pemanas tersebut dapat merekatkan plastik hingga kedua sisi yang sebelumnya terpisah dapat menempel sempurna. 

Untuk mengoperasikan hand sealer, Anda hanya perlu menurunkan tuas agar menempel pada plastik yang akan dikemas. Tahan tuas sebentar hingga lampu pemanas berubah warna, kemudian angkat tuas. Produk Anda akan terkemas sempurna.
2.      Foot Sealer
Foot sealer memiliki fungsi yang persis dengan hand sealer. Namun, alat press plastik ini dioperasikan menggunakan injakan pedal. Jika hand sealer menggunakan tangan, foot sealer akan bekerja setelah kaki menginjak pedal alat tersebut. 

Keunggulan dari foot sealer dapat menyesuaikan dengan kebutuhan lebar dan bahan kemasan, serta konsumsi listrik. Bentuk dari foot sealer sendiri tidak memakan tempat dan mudah untuk dipindahkan.

  •   Vacuum sealer

Vacuum sealer memiliki berbagai tipe. Perbedaan tipe tersebut dilihat dari cara pengoperasikan, mulai dari manual hingga otomatis. Bagi Anda pemula bisnis, jangan khawatir untuk menggunakan alat press ini. Vacuum sealer memiliki varian yang didesain khusus untuk industri rumahan. 

Bentuknya yang sederhana mudah untuk Anda operasikan dan diposisikan di mana saja. Vacuum sealer memiliki kerja dengan mengemas hingga hampanya udara di dalam bungkus kemasan. Alat ini biasanya digunakan untuk mengemas sosis, daging, keripik, dan produk non makanan lainnya.

  • Cup sealer manual

Cup sealer manual adalah alat penyegel sederhana yang digunakan untuk produk minuman gelas. Alat press plastik ini sering digunakan karena ramah untuk dimanfaatkan bagi pemula bisnis. Penggunaan cup sealer juga bertujuan untuk menghindari kebocoran dan ketumpahan air dari dalam gelas.
Karena masih menggunakan metode manual, sebelum memanfaatkan mesin ini operator harus memasang beberapa komponen terlebih dahulu, seperti menggulung roll plastik dan memosikan gelas pada dudukkan secara manual.

            Alat-alat press plastik di atas akan memudahkan Anda untuk kebutuhan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Pilihlah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Tidak perlu ambil pusing, harga press plastik tersebut juga terjangkau. Jadi, Anda dapat menyesuaikan dengan budget Anda.

{ 0 comments... read them below or add one }