Trik Menyegel Kemasan Tanpa Mesin Press Plastik & Vacuum Sealer

Posted by jenggot kambing on Tuesday, May 30, 2017



Vacuum Sealer


DIY, atau lebih di kenal dengan Istilah Do It Yourself (Lakukan Sendiri). Kosa kata DIY sering sekali di gunakan untuk melakukan sesuatu dengan menggunakan kemampuan atau metode sederhana yang berasa dari ide diri sendiri. Nah kegiatan DIY ini sangat erat dengan yang namanya kreatifitas dan kesederhanaan. Nah kali ini kita akan membahas sebuah teknik mengemas / menyegel bungkus makanan yang telah di buka dengan teknik DIY. 


Teknik ini pertama kali muncul di Youtube, sebuah video tutorial mengembalikan kemasan plastik agar utuh seperti semula beredar dengan cepat dan menuai respon positif dari para pengunjung. Mahfum saja, karena jika anda ingin mengemas bungkus makanan dalam kondisi tersegel minimal anda membutuhkan mesin press plastik / Vacuum Sealer Rumahan. Nah si pengunggah tersebut membeberkan bahwasanya anda tidak butuh alat sealer atau semacamnya dalam tutorialnya. Penasaran? Yuk kita coba

Oke hal pertama yang perlu anda siapkan adalah peralata, ada 3 alat sederhana yang di gunakan untuk melakukan proses penyegelan kemasan sederhana ini. Yakni 2 buah penggaris berukuran sama besar ,dan 1 buah pemantik api / zippo. Langkah awal yang harus di lakukan adalah meluruskan kemasan plastik berisi makanan hingga tidak ada lipatan. Kemudian, dua buah penggaris digunakan untuk menjepit plastik dari kedua sisi. Sisakan sekitar satu hingga dua cm plastik pada bagian atas.

Bagian tersebut sengaja tidak dijepit dengan penggaris agar dapat dilekatkan. Satukan kedua sisi kemasan plastik kemudian sulutkan api pada bagian tersebut. Api akan menyebabkan plastik meleleh hingga menyatu satu sama lain.

Lho cara ini sebenarnya hampir sama dengan yang sering di gunakan oleh pengusaha camilan rumahan. Biasanya ketika ingin membungkus keripik atau krupuk, para pebisnis kuliner ini menggunakan plastik “tomat” dan menyegelnya dengan menggunakan panas lilin. Sebenarnya teknik seperti ini tidak di sarankan untuk di lakukan, mengapa?? Perlu di ketahui untuk melakukan penyegelan ,kemasan haruslah rapat sempurna..nah penggunaan lilin atau korek gas tidak di anjurkan karena panas yang di hasilkan tidak merata dan tidak bagus karena uap gas yang di hasilkan tentu akan mengkontaminasi isi kemasan.

Dari segi ketahanan pun kurang begitu baik, karena penyegelan dengan penggunaan panas dari api secara langsung tentunya akan menimbulkan kebocoran. Hal tersebut dapat mengakibatkan kualitas isi kemasan menjadi menurun di karenakan udara dan debu dari luar. Oleh karenanya memang tidak di anjurkan menggunakan cara-cara di atas apabila anda ingin isi kemasan anda tetap berkualitas. Selalu gunakan mesin Vacuum Sealer atau Mesin Press Plastik demi menunjang kualitas kemasan anda berada dalam level terbaik.

Oke semoga info ini berguna untuk anda.

{ 0 comments... read them below or add one }