Daftar Makanan Peningkat ASI

Posted by boenes on Tuesday, March 19, 2013

Air Susu Ibu ( ASI ) merupakan kebutuhan bayi yang sangat penting diawal masa kelahiran sampai 6 bulan. Kandungan Kolostrum dalam ASI sangat dibutuhkan oleh bayi. Kolostrum adalah cairan berwarna bening kekuningan yang banyak mengandung gizi dan sebagai daya tahan serta imunitas bagi bayi. Namun sayangnya tidak semua ibu memiliki Air Susu Ibu yang mencukupi untuk bayinya. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan jenis makanan yang dapat meningkatkan jumlah produksi ASI ibu.


  • Kacang Almond, kacang kaya akan protein, vitamin dan mineral serta dapat meningkatkan lakstasi.
  • Daun Katuk, daun katuk dan sayuran hijau lainnya seperti bayam mengandung vitamin A, C, B1, zat besi, kalium, protein, fosfor, sterol, alkaloid dan asam seskuiterna yang dipercaya dapat membantu meningkatkan air susu ibu.
  • Bawang putih, penelitian dalam journal of Pediatric Research yang menunjukkan bahwa bawang putih bisa meningkatkan produksi ASI.
  • Labu Siam, labu siam mengandung vitamin B6, C, K, asam folat, kalium, magnesium, zinc, mangan juga mampu mencukupi kebutuhan asam folat bagi ibu yang sedang menyusui.
  • Pare, pare merupakan makanan yang paling populer untuk meningkatkan ASI. Keduanya merupakan sumber vitamin dan mineral, yang membantu meningkatkan laktasi wanita.
  • Bunga Pepaya, mengandung vitamin A, C, fosfor, kalium, enzim papain. Sangat baik untuk membantu meningkatkan protein dalam tubuh ibu serta meningkatkan selera nafsu makan.
  • Bayam, bayam mengandung vitamin A, B6, C, E, K, asam folat, riboflavin, fosfor, kalium, protein, zat besi, karoten, thiamin. Bayam yang berwarna merah dan ijo tua baik untuk membantu menurunkan sistem kekebalan yang baik untuk bayi.
  • Air putih, air putih mencegah dehidrasi bagi ibu yang harus terus memproduksi ASI.

Demikian Artikel Informasi tentang makanan yang dapat meningkatkan produktifitas ASI, semoga bermanfaat.

{ 0 comments... read them below or add one }