Indonesia Menjadi Salah Satu Supplier Sayuran Di Asia

Posted by jenggot kambing on Thursday, July 29, 2010

Kebutuhan Sayur-mayur dan Buah Singapura selama ini dipasok dari Malaysia (Cameron Highland), dan Johor. Selain Malaysia, China dan Thailand secara kontinu memenuhi kebutuhan sayur dan buah negeri Singa ini. Indonesia sangat potensial dimana merupakan negara tetangga dekat, produk sayur dan buah Indonesia belum cukup mampu untuk menampung banyak persyaratan dan kualitas yang diinginkan. Di daerah Pasir Panjang Wholesale Center merupakan pasar induk untuk sayur dan buah di wilayah Singapura, hampir mayoritas produk sayur dan buah yang bisa ditemui berasal dari Malaysia, Thailand, China, Australia, India dan Amerika Serikat. Volume ekspor ke Singapura, justru terbilang sangat kecil. Dari kebutuhan buah dan sayur Singapura sebanyak 1.000 ton per hari, Indonesia hanya mampu memasok sekitar 6% saja, atau sekitar 60 ton per hari.

Berdasarkan data statistik impor sayuran Singapura, terlihat bahwa mayoritas produk ekspor Indonesia ke Singapura adalah kentang dengan pangsa pasar 53.3 %, kubis 34.8 % dan tomat 17.6 %. Indonesia adalah supplier sayuran segar kelima terbesar untuk Singapura setelah Malaysia, Cina, Australia, dan India. Secara keseluruhan, lebih dari 100 peserta pameran, yang mewakili 18 negara diharapkan

Pengunjung terdiri dari pembeli, importir, pemilik dan perwakilan dari berbagai perusahaan tetapi semua dengan minat khusus dalam bisnis produk segar. Mayoritas dari mereka datang khusus untuk sumber produk baru, sementara yang lain menghadiri acara untuk bertemu pemasok dalam ekspansi peluang pasar. (Sumber: SIFAVS 2010, sumber data terkait lainnya, data diolah: F. Hero K. Purba)

Sumber : agribisnis.deptan.go.id

Temukan semuanya tentang Bisnis & Pasang Iklan : Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis – Indonesia

{ 0 comments... read them below or add one }