Berkunjung ke Museum Kereta Api Sawahlunto

Posted by malamjumat on Friday, March 22, 2013

Indonesia memiliki dua museum kereta api, yaitu museum kereta api di Ambarawa Jawa Tengah dan Sawahlunto Sumatera Barat. Museum kereta api Sawahlunto terletak di Jl. Kampung Teleng, Desa Pasar, Kecamatan Lembah Segar. Dahulu museum ini adalah stasiun kereta api yang dibangun pada tahun 1918 pada masa kolonial Belanda.

Stasiun ini menjadi museum dan diresmikan oleh wakil Presiden saat itu Jusuf Kalla pada tanggal 17 Desember 2005.

Kota Sawahlunto sendiri terkenal akan tambang batubaranya, sehingga Belanda bersedia menanamkan modal untuk mengeruk hasil bumi ini dengan membangun pemukiman dan fasilitas pertambangan lainnya, salah satunya jalur kereta api Sawahlunto - Emma Haven (Teluk Bayur). 

Pintu Masuk


Saat pertama kali memasuki museum, wisatawan langsung disambut oleh papan besar bertuliskan Stasiun Kereta Api Sawahlunto. Jalur kereta api Sawahlunto - Teluk Bayur memiliki panjang 151,5 kilometer dengan 5 tempat pemberhentian, yaitu di Solok, Batubata, Padang Panjang, Kayu Tanam, dan terakhir di Teluk Bayur Padang. Dibutuhkan waktu kurang lebih 10 jam untuk mengangkut batubara dari Sawahlunto ke Teluk Bayur, karena jalannya yang menanjak dan berkelok-kelok.

Kereta Wisata Mak Itam

Koleksi yang paling terkenal adalah Kereta Api Batubara yang diberi nama Mak Itam. Lokomotif dengan bahan bakar berupa batubara ini produk dari Jerman tahun 1965, dan sampai sekarang masih bisa beroperasi sebagai kereta wisata untuk melayani pengunjung museum.

Dengan membayar Rp 15.000/orang, pengunjung bisa menikmati perjalanan di atas kereta api tua ini sambil menikmati pemandangan pesawahan, perbukitan hijau dan menembus terowongan sepanjang hampir 1 kilometer. Pengalaman yang mengasyikkan bukan!
Meskipun kereta tua, Mak Itam memiliki fasilitas yang tak kalah dibanding kereta saat ini, kereta ini sudah dilengkapi dengan AC serta kursi dan meja yang nyaman. Sayangnya Mak Itam hanya beroperasi pada hari Sabtu dan Minggu saja. Namun bila ingin menyewa secara rombongan bisa juga di hari lainnya tapi biayanya agak besar yaitu Rp 3,5 juta.

Museum Kereta Api Sawahlunto buka dari hari Selasa-Minggu mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Khusus hari Senin, museum tutup. Biaya masuk museum ini sangat murah, yaitu Rp 1.000 untuk anak-anak, dan Rp 3.000 untuk dewasa.
More aboutBerkunjung ke Museum Kereta Api Sawahlunto

Beda Perawatan Mesin Mobil Sport

Posted by jenggot kambing

Mobil sport memang keren dari mesin hingga body mobilnya semua sudah di rancang dengan bagus dan tentunya memiliki performa yang lebih bagus dari mada mobil biasa, namun bagaimana cara perawatan mesin mobil sport?, simak tips berikut:

1. Untuk penggunaan rata-rata, itu masih perlu untuk memeriksa mesin mobil sport setiap 3000 mil. Salah satu tips perawatan mesin utama adalah untuk mengganti oli mesin bersama dengan filter. Ini akan memastikan pelumasan yang tepat dan kinerja mesin mobil sport.

2. Periksa cairan lain di mesin seperti minyak rem, fluida transmisi otomatis tingkat (jika ada),? pendingin, dll Cairan ini penting dalam menjaga performa mesin mobil sport s sehat.

3. Selalu memeriksa kompartemen mesin untuk setiap tanda-tanda kebocoran. Kebocoran biasanya menandakan adanya paking rusak.

4. Selalu mencari beberapa istirahat pakai, atau retak dari sabuk mesin. Mengambil begitu saja dapat menciptakan masalah mesin yang serius.

5. Jadilah ware dari percikan
Busi lama yang tidak bekerja dengan benar dapat lebih baik di cabut saja karena mengganggu efisiensi bahan bakar.
Hal ini penting bahwa semua perawatan mesin pemeriksaan dilakukan pada mobil sport harus dicatat dalam sebuah buku catatan. Ini akan sangat berguna terutama jika orang yang telah melakukan pemeriksaan pemeliharaan telah lupa tanggal terakhir perubahan minyak atau perawatan lain yang dilakukan.
Tidak ada cara lain untuk menjaga mobil sport dalam kondisi prima dari pada memiliki perawatan rutin check-up pada mesin. Anda harus ingat bahwa mesin adalah bagian paling penting dari mobil, terutama mobil sport, karena itu, harus dipelihara dengan baik.

Demikian pembahasannya dalam merawat mesin mobil sport yang anda miliki semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda, temukan info menarik tentang Velg Mobil



Temukan artikel terkait:  Ingin Membeli Mobil Baru
More aboutBeda Perawatan Mesin Mobil Sport

Perawatan Khusus Mobil Matic

Posted by jenggot kambing

Pada mobil matic proses pembakaran pada transmisi matik tidak ada, kontaminasi akibat masa pakai membuat menurunnya viskositas fluida. Ini tidak dapat di hindari, Karena setiap friksi yang terjadi pada plat kompling menghasilkan grum pengkotaminasi hal tersebut yang sering terjadi pada mesin mobil matic.

Slip Kopling
    Gejala kerusakan pada transmisi matik biasa di rasakan dari slip kopling. Indikasinya terjadi karna ketidakseimbangan putaran mesin dengan laju mobil.namun Mesin sudah meraung pada putaran tinggi, tetapi mobil berjalan dengan laju yang tidak seimbang dengan deru suara mobil.

  Perpindahan Gigi
    Perpindahan gigi persneling  juga menyentak,tidak halus seperti biasa. Ini biasa di cek dengan memasukkan persneling dengan posisi D atau R, lalu rem di lepaskan. Dalam kondisi sehat, mobil langsung bergerak. Bila tidak patut di curigai ada maslah pada transmisi matik.

- Jangan perna memasukkan tuas ke posisi P jika kendaraan mobil anda belum benar – benar berhenti.
-dan Jangan biarkan mobil terparkir dalam posisi D. terkadang ini di lakukan oleh pengemudi yang terbiasa pada mobil manual. Kebiasaan seperti ini harus di tinggalkan, jika tidak ingin plat kopling pada mobil anda cepat rusak. Cukup dengan memasukkan tuas ke posisi P,dan mobil terparkir dalam posisi aman

Demikian pembahasannya dalam merawat mesin mobil matic semoga bermanfaat untuk anda, temukan info menarik tentang Audio Mobil



Temukan artikel terkait:  Tips Perawatan Mesin Mobil Sport
More aboutPerawatan Khusus Mobil Matic