Plastik Kemasan Keripik Kini Bermacam Bentuk dan Jenisnya

Posted by jenggot kambing on Monday, August 27, 2018


Plastik Kemasan Keripik

Plastik kemasan keripik kini bentuknya sangat beragam demi menarik pelanggannya dan meningkatkan isi produknya lebih berkualitas. Ada yang menggunakan plastik standing pouch beragam jenis, ada juga yang menggunakan plastik bag bermacam jenis. Penggunaan plastik vakum, plastik sachet, dan ada pula yang menggunakan plastik gusset juga sering digunakan untuk panganan keripik.


Plastik kemasan adalah wadah atau pembungkus berbahan dasar plastik yang berguna untuk mencegah atau mengurangi terjadinya kerusakan pada benda atau bahan yang dikemas atau yang dibungkusnya. Dengan bentuk dan jenis yang beraneka ragam untuk membungkus suatu produk.


Dengan mengikuti tren yang berkembang dan untuk meningkatkan keamanan suatu produk maka penggunaan plastik kemasan kini sangat bervariasi. Plastik kemasan juga dijadikan sebagai media promosi suatu produk yang efektif karena dengan keterangan lengkap dari produk tersebut yang dicantumkan pada kemasan tersebut dan juga dengan ciri khasnya dari suatu tampilan desain yang menarik orang dapat mengetahui produk tersebut.


Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Pada Kemasan

  • Elemen-elemen visual seperti bentuk, gambar, tulisan serta warna.
  • Material yang digunakan apakah itu kertas, plastic, gelas, kayu, atau material lainnya yang disesuaikan dengan produk.
  • Identitas brand atau merek berupa logo, mascot, slogan, dan endorsement
  • Informasi yang menjelaskan atau labelling, seperti data perusahaan, cara penyimpanan, cara pemakaian, manfaat produk, tanggal kadaluarsa, barcode, label halal, info/peringatan, serta authentication seal.


Jadi sebelum mendesain kemasan, pastikan material yang digunakan tepat untuk produk dan pada saat mendesain kemasan sertakan semua unsur-unsur di atas agar kemasan Anda lebih ciamik.


Keunggulan Kemasan Berbahan Plastik (Plastik Kemasan)
• Melindungi isi dengan baik, unsur proteksi merupakan fungsi pengemasan..
• Ringan (biaya transportasi lebih murah).
• Tidak mudah pecah sehingga mengurangi faktor resiko dan kerugian selama penyimpanan dan transportasi.
• Bisa diberikan warna untuk memenuhi selera.
• Bisa dibuat berbagai macam bentuk.
• Bisa diprinting.
• Memiliki daya tahan terhadap karatan, keadaan cuaca dan berbagai jenis bahan kimia.

Plastik secara umum mempunyai sifat ;
• Sifat tembus pandang (clarity) yang baik.
• Stiffnes : kekakuan dinyatakan dalam psi/100, ASTM 0790.
• Permeabel terhadap gas.
• Mar resisteance Ketahanan terhadap segala bentuk benturan, gesekan, dll.
• Warpage : dapat dilengkungkan/dibengkokan, berhubungan dengan sifat mengerut dalam cetakan.
• Impact Strength : berhubungan dengan ketahanan terhadap benturan.
• Tear Strength : berhubungan dengan ketahanan terhadap sobekan.


Jenis-Jenis Plastik Kemasan :

PE (Polyethilen)
Plastik ini yang paling banyak digunakan karena mudah dibentuk, cukup tahan terhadap beberapa bahan kimia, dapat digunakan pada suhu beku, halus, fleksibel, impact resisten baik, mudah dikelim dengan panas, elongation cukup tinggi, dapat melalukan uap air, tidak mudah sobek, tidak berbau, tahan terhadap pelarut alkali, dan transmisi gas cukup tinggi sehingga tidak digunakan untuk mengemas bahan yang beraroma.

Plastik jenis PE ini sering digunakan sebagai pengemas aneka produk olahan, sayuran, buah-buahan, mentega dan margarin. Berdasarkan sifat permeabilitasnya yang rendah serta sifat-sifat mekaniknya yang baik, polietilen mempunyai ketebalan 0.001 sampai 0.01 inchi, yang banyak digunakan sebagai pengemas makanan, karena sifatnya yang thermoplastik, polietilen mudah dibuat kantung dengan derajat kerapatan yang baik. Konversi etilen menjadi polietilen (PE) secara komersial semula dilakukan dengan tekanan tinggi, namun ditemukan cara tanpa tekanan tinggi.

Selain itu, terdapat keburukan dari jenis plastik ini, diantaranya adalah jika digunakan produk-produk berminyak, minyak akan merembes ke luar dan dalam jangka waktu yang lama akan melekat dengan produk. Perlakuan khusus yang dapat diberikan yaitu dengan perbedaan suhu yang besar, dengan pemberian aliran listrik tegangan tinggi dan dengan kloronasi.

PP (Polypropylen)
Plastik ini mempunyai sifat tahan minyak/lemak, warna jernih/transparan, tahan temperatur tinggi, permeabilitas uap air rendah, tahan terhadap alkali, tahan terhadap asam kecuali asam nitrat dan hidrokarbon berklorida, dan lebih kaku dari PE. Plastik ini mempunyai impact strength baik dan mempunyai permukaan yang mengkilat. Contoh penggunaan antara lain sebagai pengemas rokok, roti, keripik, minyak, kacang dan dibuat tali plastik.

Pada praktikum ini diamati dua jenis PP yang berbeda ketebalannya, yaitu PP 0.1 mm dan PP 0.01 mm. Perbedaan ketebalan ini berpengaruh terhadap kekakuannya, sehingga PP 0.1 mm lebih kaku dibandingkan dengan PP 0.01 mm.

PVC (Polivinilkhlorida)
Dapat dibuat kemasan kaku atau fleksibel dengan sifat-sifatnya adalah permukaannya transparan sampai keruh, permeabilitas terhadap gas dan air rendah sehingga baik untuk produk yang peka O2, tahan minyak dan lemak, berwarna kuning bila terkena panas, tidak mudah sobek dan tahan terhadap asam dan alkali kecuali asam pengoksida.

PVC cocok untuk mengemas produk yang banyak mengandung senyawa volatil (senyawa yang mudah menguap) karena memiliki permeabilitas terhadap gas dan air rendah. Dapat pula digunakan untuk mengemas produk segar, seperti daging ayam, sapi, dll.
Selain itu, PVC adalah jenis polimer yang paling hemat minyak bumi karena bahan bakunya terdiri dari kurang lebih 43% minyak bumi (ethylene) dimana 57% sisanya adalah chlorine (Cl2) yang bisa diperoleh dari elektrolisis garam. Penggunaan untuk pengemasan pangan dibatasi, karena bahan-bahan yang mengandung minyak dapat melarutkan komponen-komponen plastik sehingga menjadi toksik.

Untuk mengurangi kekakuan biasanya ditambah bahan pelentur seperti platicizer sehingga dapat digunakan untuk kemasan daging segar, ikan, sayur dan buah. PVC ini bila tanpa bahan pelentur bersifat kaku/ tegar dan dapat dibentuk, seperti botol, jar, nampan, dll.

HDPE (High Density Polyethylen)
HDPE merupakan salah satu jenis dari PE namun melalui proses yang berbeda sehingga menghasilkan berat jenis yang lebih tinggi.. HDPE dapat digunakan untuk suhu tinggi sampai 1200 C, kurang trasparan, dapat dibuat kantung plastik dan BJ-nya 0,041 – 0,965 g/cm3. Selain itu, HDPE sering digunakan untuk kemas kaku juga bermacam-macam tutup wadah.

Sifat yang dimiliki dari jenis plastik ini sebagai pelindung yang sangat baik terhadap air dan stabil terhadap panas. HDPE memiliki ikatan antar molekul yang lebih kuat sehingga sangat cocok untuk mengemas produk yang mudah terkena gesekan dan tekanan. HDPE terbuat dari kromium/silica. HDPE digunakan untuk mengemas susu kotak karena dapat dibentuk menjadi botol kaku, aneka produk olahan, sayuran, buah-buahan, mentega dan margarine.

PET (Polyester)
Merupakan polimer ester dari alcohol dan asam. Dari jenis “mylar” paling popular karena mempunyai Kristal dan sifat tembus istimewa. Permeabilitas uap air rendah, transmisi CO2 rendah, tahan terhadap pelarut organik seperti asam-asam pada buah, dapat digunakan untuk kemasan beku, tidak tahan terhadap asam kuat (fenol dan benzyl alkohol), tetapi tahan terhadap bahan organik sehingga cocok untuk sari buah, bentuk kaku digunakan utnuk kemasan kopi, roti, biji-bijian dan chip, kecap, selai, kacang, sosis, keju, mentega dan margarin. PET yang dimetalisasi untuk mengemas kembang gula, produk runcing, produk beku dan sterilisasi. Polyester tidak dapat dikelim panas. Kecuali dilaminasi dengan PE.


Peranan Kemasan Untuk Suatu Produk

Melindungi Produk
Fungsi terpenting kemasan produk adalah untuk melindungi produk agar tidak mudah rusak. Kemasan produk memberikan perlindungan agar isi produk tidak mudah tergores, basah, dan cacat. Apalagi saat pendistribusian atau pengiriman produk, terkadang produk berisiko rusak di dalam perjalan karena terjatuh atau tertimpa barang lain. Namun, dengan adanya kemasan yang baik, produk jadi lebih terjamin keamanannya.

Membangun Kepercayaan
Kemasan produk dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Bagi bisnis online, konsumen Anda akan puas jika produk telah sampai ke tangannya dengan kondisi yang baik. Nah, kemasan pastinya akan berfungsi untuk melindungi seluruh bagian produk agar tidak mudah rusak. Jika konsumen puas, maka kepercayaan konsumen otomatis akan terbangun.

Menambah Daya Tarik
Carilah desainer yang sudah berpengalaman dalam mendesain produk. Desainer akan lebih paham tentang desain, bentuk, dan material kemasan produk yang baik dan cocok untuk jenis produk Anda. Dengan rancangan desainer, tampilan produk akan terlihat menarik karena desain kemasannya yang kreatif. Kemasan bisa menambah daya tarik konsumen untuk membelinya. Bahkan jika desainnya unik, konsumen akan menyimpan kemasan tersebut dan tidak ingin membuangnya.

Mempromosikan Produk
Pada kemasan produk, Anda dapat mencantumkan sejumlah informasi tentang produk Anda. Seperti nama brand, logo, tagline, harga, alamat website, akun media sosial, manfaat, cara pembuatan produk, dan lain-lain. Informasi tersebut adalah bagian dari cara promosi untuk memperkenalkan keunggulan produk. Namun, pastikan informasi produk tidak sampai memenuhi desain kemasan, karena akan membuatnya jadi tidak menarik.

Membuat Perbedaan
Jika Anda memasarkan produk yang sama dengan pebisnis lain, kemasan produk dapat jadi strategi untuk membuat perbedaan. Kemasan akan jadi identitas bisnis Anda. Jika kemasan produknya menarik, konsumen dapat lebih mudah mengingat bisnis Anda dan tahu apa yang membedakan bisnis Anda dengan bisnis lain yang menjual produk yang sama. Anda bisa membuat produk Anda terlihat spesial dengan adanya kemasan produk yang unik.


Demikian pembahasannya tentang penggunaan plastik kemasan pada keripik dan plastik kemasan secara umum. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.
More aboutPlastik Kemasan Keripik Kini Bermacam Bentuk dan Jenisnya

Resep Cara Membuat Pempek Ikan Tenggiri

Posted by jenggot kambing on Monday, July 30, 2018

Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri adalah salah satu ikan laut yang paling kerap di konsumsi serta menjadi favorit para koki buat di olah. Ikan tenggiri sendiri mempunyai banyak macam faedah yang dapat Anda nikmati. layaknya yang lainnya, ikan tenggiri juga mempunyai omega 3. 




Ikan tenggiri mempunyai daging gurih serta lezat yang lain hal dari jenis ikan lainnya. Kelezatan dari daging itulah menjadikan ikan tenggiri dijual mahal oleh para nelayan serta pedagang di pasar

Ikan tenggiri mempunyai ciri dengan tidak sisik serta berwarna abu-abu mengkilat. Ikan tenggiri banyak dipergunakan orang pasal durinya yang gampang dilepas. Ukuran duri ikan tenggiri besar, sehingga memudahkan Anda buat melepasnya secara perlahan 
 
Ikan tenggiri mayoritas Berposisi di perairan laut Sumatera. menatap banyaknya populasi ikan tenggiri, penduduk sumatera memanfaatkan momen tersebut buat mengolah makanan yang berbahan basis dari ikan ini. kebiasaannya ikan tenggiri ini dicampurkan dengan tepung tapioka atau tepung kanji. bisa kita ambil misal layaknya pempek sertatekwan 
 
Terbukti sehabis menjadikan ikan tenggiri sebagai bahan utama, pempek berhasil menarik pandangan konsumen. Rasa pempek yang kenyal amat lezat bagi para konsumen. Makanan khas Palembang ini tak cuma Berposisi di Sumatera kok. buat Anda yang penasaran pempek gampang diciptakan di beragam pusat jajanan kota atau Anda ingin mencoba resep ikan tenggiri sebagai olahan pempek juga bisa




Resep ikan tenggiri bahan utama pempek

Bahan pempek
  • 1kg ikan tenggiri
  • 2sdm garam
  • Penyedap makanan
  • 2sdm minyak makan
  • 5sdm minyak sayur
  • 1 gelas air dingin
  • 800gr sagu tani
  • Air buat merebus pempek
  • 2sdm minyak goreng

Bahan cuka
  • 1 liter air
  • 1kg gula aren
  • ½ bungkus asam jawa
  • 2 ons bawang putih yang telah dihaluskan
  • 2 ons cabai rawit halus
  • 2sdm garam

Langkah-langkah bikin pempek ikan tenggiri

  • Langkah pertama buang duri dari ikan tenggiri terlebih dahulu Campurkan ikan tersebut dengan garam, penyedap makanan secukupnya, minyak makan, minyak sayur, serta air dingin. Aduk hingga merata serta halus anda dapat memakaikan mesin giling daging
    Tambahkan 800gr sedikit demi sedikit, setelah itu aduk secara perlahan supaya pempek tak mengeras Panaskan air buat merebus pempek tambahkan minyak goreng. 
  • Sembari menunggu mendidih, bentuk pempek sesuai dengan keinginan. buat menjauhi lengket saat pembentukan, taburi tepung sagu di tangan Anda Masukkan pempek yang telahterbentuk ke air yang mendidih. 
  • Tunggu hingga pempek mengapung.  bila telah mengapung tiriskan pempek Langkah-langkah bikin cuka pempek
    Rebus air bersama gula aren. Tunggu sampai mendidih serta gula melebur

    Setelah itu, masukkan asam jawa, bawang putih serta cabai rawit yang telah dihaluskan. Jangan lupa tambahkan garam Rebus semuanya sepanjang 20 menit Kemudian saring kuah cuka.
  • Berikutnya dapat disantap dengan pempek Pempek mempunyai beragam jenis bentuk yang lazimnya telah terkenal. sebagian yang kerap Anda lihat atau dengar ialah lenjer, kapal selam, telur kecil, serta pempek keriting. 
  • Lenjer merupakan bentuk pempek yang paling gampang dibuat. Lenjer mempunyai bentuk memanjang. metode membuatnya cumadengan menggulung adonan hingga terbentuk panjang 
 
Biasanya lenjer ini juga dipakai menjadi lenggang. Lenggang sendiri ialah pempek lenjer yang dipotong-potong setelah itu digoreng bersama telur. tak lupa dinikmati dengan kuah cuka. Berikutnya kapal selam, nama pempek yang unik ini sempat menarik pandangan mengapa dinamakan kapal selam? apa bentuknya layaknya kapal selam?


Pempek kapal selam mempunyai jenis menyerupai kantung dengan isi telur di dalamnya. Saat sistem pemasakan pempek ini akan jatuh ke dalam air rebusan setelah itu tenggelam di basis. Penjelasan tersebut menjadi salah satu sebab mengapa pempek ini dikatakan dengan pempek kapal selam 
 
Sama halnya dengan pempek telor kecil, bentuknya setara layaknya pempek kapal selam. Namun, bedanya cuma dibuat ukuran lebih kecil. disamping itu telur yang dipakai dikocok terlebih dahulu, tak setara dengan kapal selam yang menambahkan satu telur utuh di dalamnya.setelah itu pempek keriting. Membentuk keriting pempek memakaikan alat khusus dari Palembang, yaitu pirikan. Adonan pempek keriting setara dengan pempek lenjer 
 
Selain bikin pempek, resep ikan tenggiri lainnya juga kerap dijadikan menu makan utama. contohnya resep ikan tenggiri gulai atau Anda juga dapat mencoba metode bikin otak otak ikan tenggiri. Otak-otak sendiri dikenal juga berasal dari area Sumatera



Resep ikan tenggiri sebagai olahan pempek di atas dapat kamu gunakan sebagai pembuatan lenjer atau pempek keriting. Namun, bila Anda ingin bikin pempek kapal selam atau telur kecil tinggal menambahkan isian telurnya. bila masih kurang yakin, buat lebih jelasnya Anda dapat menelusuri resep ikan tenggiri buat pempek kapal selam di internet 
 
Awalnya sebelum ikan tenggiri, pempek memakaikan ikan belida. Namun pasal jumlahnya yang sedikit, ikan belida dijual mahal. Oleh pasal itu, beberapa penjual pempek mengakali dengan ikan tenggiri serta ternyata rasa tak kalah enak. Begitu pula selanjutnya, saat ikan tenggiri mempunyai harga yang melonjak tajam bisa digantikan dengan ikan kakap atau ikan gabus 
 
Membuat pempek disamping dengan resep ikan tenggiri tak menjadi masalah. Anda dapat memakaikan jenis ikan lainnya. Namun, Anda sesegera mungkin lebih cermat dalam memilih ikan. contohnya ikan tongkol, ikan tongkol mempunyai daging berwarna hitam, sehingga saat dicampurkan dengan  bahan-bahan lainnya pempek akan lebih dominan warna hitam. walaupun tak kurangi rasanya, tampilan yang lain hal jelas saja akan bikin konsumen bertanya-tanya
 
Jika anda ingin berkreasi lagi dengan memakaikan olahan daging ikan tenggiri, anda dapat membuatnya menjadi menu baru layaknya menu ikan tenggiri kuah kuning yang satu ini. Ya tenggiri kuah kuning dapat dikatakan tampilannya hamper serupa dengan Ikan Pesmol ala Jakarta. cuma saja terhadap menu ikan tenggiri kuah kuning, tampilannya jauh lebih basah di karenakan kuah yang di gunakan cukup banyak 
 
Nah bila anda tertarik buat mencobanya berikut resep ikan tenggiri kuah kuning yang dapat anda untuk di rumah 
 
Bahan Dasar
  • 400 gram ikan tenggiri fillet
  • 80ml air
  • 10 gram margarin
  • 1 tangkai daun bawang yang sudah di iris
  • 2 buah cabai (jika suka pedas,bisa di tambah), di iris
  • 1 ½ sendok makan minyak goreng
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 sdm bawang putih bubuk
  • 1 buah jeruk nipos
  • 1 sdt garam dapur

Bahan Halus
  • 4 Siung Bawang merah
  • 3 siung bawah putih
  • 3 butir kemiri yang sudah di sangria
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas kunyit
  • Garam secukupnya
  • Gula Secukupnya
  • Merica Bubuk Secukupnya

Cara Pengolahan
  • Cuci ikan tenggiri serta balur dengan perasan jeruk nipis, bawang putih serta garam. 
  • Aduk rata serta diamkan sepanjang 20 menit. Sisihkan Jika sudah, panaskan margarin dengan api kecil serta goreng ikan sampai matang kekuningan. 
  • Angkat lantas tiriskan Langkah selanjutnya, panaskan minyak serta tumis bumbu halus sampai harum. setelah itu tambahkan cabe merah serta daun jeruk. 
  • Aduk rata Lalu tuang air serta masak sampai kuah mendidih serta mengental. 
  • Terakhir, masukkan daun bawang serta aduk sekali lagi Apabila telah matang, angkat serta sajikan selagi hangat
Nah gimana?? gampang bukan, jelas jelas dapat dikatakan daging ikan tenggiri jauh lebih gampang di olah di banding ikan laut manapun dari jenis yang setara. Oke survive mencoba di rumah
More aboutResep Cara Membuat Pempek Ikan Tenggiri