Korelasi Warna Pada Ruang Kantor dengan Kinerja

Posted by Sate Ayam on Wednesday, June 30, 2010

Sebagian arsitek mengakui warna merupakan salah satu bentuk komunikasi verbal yang menyampaikan sebuah pesan kepada orang lain maupun diri sendiri. Warna tidak saja menyampaikan sebuah pesan identitas. Kini warna menjadi sebuah simbol perasaan seperti psikologis, motivasi, dan estetika. Warna tidak saja menyampaikan sebuah pesan identitas. Kini warna menjadi sebuah simbol perasaan. Pegawai mungkin tidak menyadari kenapa mood berubah jelek ketika memasuki ruang kantor. Tapi Anda justeru merasa lebih nyaman ketika berada di rumah. Mungkin itulah sebabnya sejumlah arsitek kerap memberikan rekomendasi kepada pimpinan perusahaan jika menginginkan ada mood positif di ruang kerja


Tidak sekedar itu, beberapa motif sengaja ditampilkan untuk menimbulkan kesan positif bagi pegawai yang bekerja. Beberapa motif yang kerap dipergunakan adalah motif lingkarang, ukiran bunga, dedaunan atau abstrak. ”Motif-motif itu sekarang sedang ngetrend,” terangnya. Ruang lobi memiliki peran yang sangat penting bagi ruang kantor. Tamu pasti akan masuk lewat lobi. Karena itulah, perusahaan harus memberikan kesan yang baik dengan membuat ruang lobi agar tamu bisa menunggu dengan lebih nyaman. Untuk ruang lobi sebaiknya mempergunakan warna yang menimbulkan kesan lembut, seperti hijau atau mengikuti warna logo perusahaan. Lampu berwarna kuning juga bisa memberikan efek positif bagi ruang lobi kantor.


Selain itu, penggunaan warna yang tepat juga biasa dipergunakan sebagai pembatas sebuah ruang kantor. Atau menimbulkan kesan pendek pada sebuah lorong yang sebenarnya cukup panjang. Biasanya warna – warna yang dipergunakan adalah perpaduan warna seperti yang biasa dilihat pada papan catur.


Pt-stylish.

{ 0 comments... read them below or add one }