Diet Sehat dan Hobi Makan

Posted by Sate Ayam on Wednesday, June 23, 2010

Hobi Makan bukalah suatu hal yang negatif tapi tidak juga suatu hal yang positif, di katakan tidak negatif apabila kita makan makanan yang mengandung gizi tinggi dan dapat memenuhi kebutuhan dari tubuh sedangkan tidak positif apabila kita mengkonsumsi makananan seperti junk food, fast food dan makanan ringan seperti snack. Untuk itu saya coba memberikan tips untuk Anda yang punya hobi makan :


  1. Pastikan ada porsi protein setiap kali makan. Protein mengandung rangkaian asam amino yang merupakan building block guna membentuk dan menjaga massa otot. Komposisi otot tubuh yang baik akan meningkatkan tingkat metabolisme tubuh.

  2. Hindari konsumsi karbohidrat berlebih. Karbohidrat yang dikonsumsi melebihi kebutuhan energi yang diperlukan untuk aktifitas fisik dan mental akan disimpan dalam tubuh sebagai cadangan gula dan lemak.

  3. Tambah frekeuensi makan dan makan dalam porsi kecil. Tingkatkan frekuensi makan / hobi makan anda hingga 5-6 kali sehari dalam porsi kecil atau moderat.

  4. Hindari penggunaan gula. Gula merupakan makanan dengan indeks glikemik tertinggi yang akan memicu pengeluaran insulin dalam jumlah besar dalam waktu singkat.

  5. Makan tepat waktu. Jangan terlambat makan atau merasa terlalu kelaparan (jepretanhape.wordpress.com)


Semoga berguna dan bermanfaat. erk

{ 0 comments... read them below or add one }