Berkah dari Berbisnis Bunga

Posted by jenggot kambing on Monday, March 15, 2010


Seuntai rangkaian bunga sama dengan seuntai ungkapan rasa. Pantas saja, jika tidak ada seorangpun yang mampu menyembunyikan ekspresi gembira saat rangkaian bunga itu diterimanya.

Di balik ekspresi gembira itu, sebuah peluang usaha tertangkap oleh Ichsan Sabry. Bersama sang istri, Artwindiah Setiati, Ichsan menjalankan usaha Toko Bunga dan merangkai bunga.

Rangkaian bunganya didesain sebagai simbol perasaan. Dengan mengenakan brand 'Ronce Kembang', Ichsan menghadirkan layanan 'Special Delivery Service'. Sistem layanan yang diberikan ini berbeda dibanding sistem layanan lain.

Biasanya, pelanggan yang menggunakan layanan ini memang benar-benar ingin mengungkapkan rasa hatinya. Melalui layanan ini pelanggan bisa menentukan waktu diterimanya pesanan. Ekspresi si penerima bunga juga bisa diabadikan melalui foto.

"Pengantaran bunga tidak diketahui oleh si penerima, alias surprise. Jadi saat si penerima bunga menerima bunga, ekspresinya bervariasi," kata pria kelahiran 37 tahun silam ini.

Dalam menjalankan usaha Toko Bunga ini, Ichsan hanya dibantu oleh satu tenaga kerja. Pengantaran bunga dilakukan olehnya bersama sang istri. Saat mengantar, Ichsan membawa kamera dan laptop. Foto hasil jepretannya langsung dikirim ke pemesan via e-mail saat itu juga.

Layanan ini masih meliputi wilayah Jabodetabek. Tarif pengantaran yang dikenakan berbeda untuk masing masing wilayah. Ichsan mengenakan tarif Rp30 ribu untuk pengantaran di wilayah Tangerang dan Bintaro. Sedangkan, tarif untuk wilayah Jakarta sebesar Rp40 ribu. Untuk wilayah Bogor, Depok dan Bekasi, tarif yang dikenakan Rp50 ribu.

Sementara untuk wilayah Serpong, Ichsan tidak mengenakan tarif pengantaran. Hal itu karena lokasi Ronce Kembang berada di Jalan Kubis 1 Blok A1 Nomor 26, Sektor 1-6 BSD City, Serpong, Tangerang.

Ronce Kembang mulai berdiri pada 2002. Awalnya, Ichsan bersama sang istri menjual artificial flower atau silk flower yang belum dirangkai dan soft toys yang dipasok ke sejumlah toko di Pulau Jawa, Sulawesi, dan Sumatera.

Pada 2004, Ronce Kembang memfokuskan usaha pada artificial flower yang sudah dirangkai. Guna memudahkan penjualan, Ichsan menjual produknya secara on line pada kuartal pertama tahun 2007, melalui www.roncekembang.com.

Harga penjualan bervariasi tergantung rangkaian kembang dan Bunga Papan. Harga mulai dari Rp8 ribu hingga Rp300 ribu. Produk Ronce Kembang juga dijajakan di sejumlah supermarket di Jakarta dan Tangerang.

Saat ini, Ichsan tengah berupaya membuka cabang Ronce Kembang di luar wilayah Jabodetabek. "Supaya semakin dikenal masyarakat, kami ingin membuka cabang Ronce Kembang di luar Jabodetabek," harapnya.

economy.okezone.com

{ 0 comments... read them below or add one }