6 Syarat Bikin Sistem Listrik Audio Mengalir Prima

Posted by Sate Ayam on Friday, March 26, 2010




alternator. Komponen ini harus bisa mengisi aki. Untuk itu, perhatikan kebersihan kabel-kabel. Kalau sudah menggunakan spek untuk spl, penggantian alternator wajib dilakukan agar sistem bisa digunakan untuk memasok arus listrik besar.

aki. Bila dilengkapi sistem
audio mobil, hal itu berarti menambah beban listrik, apalagi audionya mengandalkan daya besar. Kalau sebelumnya memakai aki 40 ampere, maka kini gantilah aki itu dengan yang berukuran 60 ampere.

• kabel aki. Menurut bos radius audio, bandung, erwin kosasih, makin besar ukuran kabel aki, maka makin bagus karena makin mudah mengalirkan arus listrik.
Lebih penting lagi, kabel positif dan negatif mesti sama.

kabel "ground". Ground di sasis harus diampelas sebelum kabel negatif dipasang. Biasanya, titik terkuat dan terbaik adalah posisi seatbelt. Penambahan kabel ground amat efektif untuk membuat arus listrik stabil. Artinya, dari negatif aki, itu bisa disalurkan ke bodi, mesin, negatif alternator, dan lain-lain.

• "cap bank
". Peranti
audio mobil ini juga tak kalah bagus perannya untuk mewujudkan arus yang stabil. Melalui komponen yang berfungsi menyimpan arus sementara ini, listrik akan selalu didistribusikan dengan baik. Hitungan untuk cap bank, 1 farad untuk 1.000 watt. Untuk lebih aman, gunakan spek 2 farad.

• "batcap".
Kalau ingin arus listrik lebih stabil lagi, bisa pakai batcap xstatic. Produk ini terdiri dari beberapa tipe, yakni x300, x400, x800, dan x2000. Komponen ini menggabungkan aki dan cap bank. Dengan penampungan besar, arus yang keluar besar, stabil, dan cepat



Http://otomotif.kompas.com

{ 0 comments... read them below or add one }