Desain Kusen Pintu Cor yang Ngetren

Diposkan oleh jenggot kambing on Rabu, 18 November 2009



Harga kayu mahal? Itu bukan masalah jika anda mau mengganti Kusen Pintu atau jendela rumah. Sebab, sekarang ada kusen cor. Selain lebih murah dan kuat ketimbang kayu, kusen pintu yang terbuat dari adonan koral, semen, dan pasir ini pun tak ketinggalan model. Bahkan dengan sentuhan kreativitas perajinnya, kusen pintu cor ini cocok untuk rumah mewah sekali pun.

Kusen cor ini diproduksi oleh para perajin kayu di Desa Karangtalun, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang, Jawa tengah. Mereka membuat kusen cor tersebut lantaran harga kayu yang semakin tinggi. Tapi ternyata kusen pintu alternatif itu banyak digemari. Permintaannya bukan hanya dari sekitar Jawa Tengah, melainkan juga hingga Jawa Timur, seperti Madiun dan Surabaya.

Maklum jika kusen pintu cor jadi ngetren. Soalnya, kusen pintu ini jauh lebih murah ketimbang kusen yang terbuat dari kayu jati, bengkirai, ataupun kamper. Lihat saja harganya, untuk kusen cor pintu tunggal berukuran 80 x 200 sentimeter tanpa variasi harganya Rp 50 ribu per unit, sedangkan kusen pintu kayu bengkirai mencapai Rp 150 ribu per unit. Kemudian, kusen cor gendong (kusen pintu dan dua jendela jadi satu) harganya Rp 180 ribu per potong. Sementara itu kusen kayu bengkirai harganya bisa sampai Rp 500 ribu per potong.

Adapun harga kusen cor gendong dengan tiga jendela Rp 210 ribu, sedangkan dari kayu bengkirai Rp 700-an ribu. Untuk kayu jati, harganya lebih mahal lagi karena harga per meter kayu jati jadi saja sudah Rp 60-an ribu. Dari harga yang dipatok, di luar tenaga, perajin bisa memperoleh keuntungan sebesar 50%, kata Kabul, perajin kusen cor yang memiliki tiga orang karyawan.

Dalam sebulan seorang perajin kusen pintu bisa menjual 15 sampai 30 potong dari berbagai jenis kusen cor. Pembelinya pun tersebar di berbagai kota, khususnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur seperti Yogyakarta, Magelang, Semarang, Solo, Salatiga, Temanggung, Madiun, dan Surabaya.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
Seperti umumnya barang baru, awalnya kusen pintu cor ini sulit dipasarkan. Pembeli masih ragu-ragu dengan produk tersebut. Tapi setelah ada satu-dua orang tetangga yang memakainya, yang lain lantas mengikuti. Dan akhirnya justru semakin banyak yang memesan.

Maklum, selain harganya murah, kusen pintu cor banyak memiliki kelebihan dibanding kusen kayu, di antaranya tak akan dimakan rayap, tidak lapuk, dan lebih tahan air ataupun panas matahari. Produknya pun tidak ketinggalan model. Perajin yang kreatif membuat kusen beragam model dari mulai rumah bergaya Jawa, Spanyol, klasik, sampai rumah mewah.

Namun di balik kelebihan itu, ada juga kekurangannya. Kusen pintu cor ini lebih berat ketimbang kusen kayu. Maka untuk memasang kusen cor ini butuh orang lebih banyak. Di samping itu, dinding di sekeliling tempat pemasangannya harus benar-benar pas dan sesuai dengan kusennya.

Sepertinya, hal itu bukan kendala. Buktinya, penggunaan kusen cor ini kini kian mewabah di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

majalahtrust.com

{ 0 komentar... read them below or add one }