Alat Musik Kuno Tanpa Di Sentuh

Diposkan oleh jenggot kambing on Senin, 18 April 2011

Apa itu Theremin?Theremin adalah sebuah alat musik elektronik kuno, yang ditemukan pada tahun 1919, dan masih dipakai hingga kini. alat musik ini berasal dari Rusia. Diantara semua alat musik, Theremin ini cukup unik, karena untuk memainkannya tidak diperlukan kontak fisik secara langsung oleh pemainnya, jadi pemain Theremin cukup melambaikan tannya diatas Theremin.


Secara simpel, prinsip kerja Theremin adalah melalui frekuensi radio yang dihasilkan oleh antena pada Theremin dan kapasitor variabel yang menghasilkan frekuensi itu. Pada Theremin terdapat 2 frekuensi, dimana yang satu untuk mengatur pitch atau untuk memainkan nadanya, dan yang satu untuk mengatur volume. Gerakan tan di dekat antena yang mengatur frekuensi mengubah sirkuit-sirkuit pada Theremin, yang kemudian mengontrol sinyal suara untuk disalurkan ke speaker. Cara kerjanya mirip den metal detector dan remote TV, yang dimana sinyal ke TVnya akan terggu jika ada penghalang di jalur sinyal tersebut, jika bingung den penjelasan diatas, prinsip Theremin ini seperti prinsip remote TV. Sedangkan badan pemain menjadi jalur elektrostatis den tanah.


Cara kerjanya cukup rumit, dan mengingat alat musik ini dibuat pada tahun 1919, hal ini cukup menakjubkan di kala itu. Theremin banyak digunakan di film-film lama, dan kadang juga untuk orkestra maupun untuk lagu-lagu komersial.

Temukan lebih lengkap seputar alat musik Theremin

{ 0 komentar... read them below or add one }