Kemasan Makanan Beri Manfaat Pada Produk, Bisnis, Dan Konsumen
Secara umum kemasan makanan memberikan perlindungan pada suatu produk makanan dan minuman dengan pengemasan yang berkualitas maka suatu produk pangan dapat meningkatkan kualitasnya dan menaikan harga jual dari suatu produk pangan.
Kemasan makanan juga memberikan nilai plus dari suatu produk dalam meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk pangan yang akan dikonsumsi, sehingga konsumen dapat menentukan produk yang akan dibeli.
Fungsi paling mendasar asal bungkus ialah untuk mewadahi serta melindungi produk asal kerusakan-kerusakan, sebagai akibatnya lebih simpel disimpan, diangkut dan dipasarkan. Secara umum fungsi pengemasan pada bahan pangan adalah :
- mewadahi produk selama distribusi berasal penghasil hingga kekonsumen, supaya produk tidak tercecer, terutama buat cairan, pasta atau butiran
- melindungi dan mengawetkan produk, seperti melindungi dari sinar ultraviolet, panas, kelembaban udara, oksigen, benturan, kontaminasi dari kotoran dan mikroba yg bisa Mengganggu dan menurunkan mutu produk.
- Sebagai identitas produk, dalam hal ini bungkus bisa digunakan menjadi alat komunikasi serta info pada konsumen melalui label yg terdapat pada kemasan.
- Menaikkan efisiensi, misalnya : memudahkan penghitungan (satu kemasan berisi 10, 1 lusin, 1 gross dan sebagainya), memudahkan pengiriman serta penyimpanan. Hal ini krusial dalam dunia perdagangan.
- Melindungi impak buruk dari luar, melindungi efek jelek dari produk di dalamnya, contohnya Jika produk yang dikemas berupa produk yg berbau tajam, atau produk berbahaya seperti air keras, gas beracun serta produk yg dapat menularkan warna, maka dengan mengemas produk ini dapat melindungi produk-produk lain pada sekitarnya.
- Memperluas pemakaian dan pemasaran produk, misalnya penjualan kecap serta syrup mengalami peningkatan menjadi dampak dari penggunaan bungkus botol plastik.
- Menambah daya tarik calon pembeli
- sarana info dan iklan
- memberi ketenangan bagi pemakai.
Tiga fungsi terakhir adalah fungsi tambahan berasal bungkus, akan tetapi dengan semakin meningkatnya persaingan pada industri pangan, fungsi tambahan ini justru lebih ditonjolkan, sebagai akibatnya penampilan bungkus wajib benar -benar menarik bagi calon pembeli, menggunakan cara menghasilkan :
- cetakan yg multi warna dan mengkilat sebagai akibatnya menarik dan berkesan mewah
- dapat mengesankan berisi produk yg bermutu dan mahal
- desain teknik dari wadahnya memudahkan pemakai
- desain teknik wadahnya selalu mengikuti teknik mutahir sehingga produk yang dikemasnya terkesan mengikuti perkembangan terakhir.
Pada samping fungsi-fungsi di atas, kemasan juga mempunyai peranan krusial dalam industri pangan, yaitu :
- pengenal jatidiri/ciri-ciri produk
- penghias produk
- piranti monitor
- media kenaikan pangkat
- media penyuluhan atau petunjuk cara penggunaan serta manfaat produk yg terdapat di dalamnya
- bagi pemerintah bungkus dapat digunakan menjadi usaha perlindungan konsumen
- bagi konsumen kemasan dapat dipergunakan menjadi asal info wacana isi/produk, dan ini dibutuhkan pada merogoh keputusan buat membeli produk tersebut atau tidak.
Begitu pentingnya bungkus dalam perdagangan, membentuk setiap penghasil terus berinovasi menciptakan bungkus-kemasan yg fungsional serta menarik. Demikian pembahsannya tentang keuntungan kemasan makanan dalam meningkatkan kualitas dan berikan keuntungan lebih dalam penjualan produk.
{ 0 comments... read them below or add one }
Post a Comment