Cara Memilih Ban Motor yang Jitu

Diposkan oleh jenggot kambing on Selasa, 27 Maret 2012

Memilih ban motor bukanlah hal yuamg mudah dan sepele. Karena apabila salah pilih bisa berakibat fatal dan kecelakaan di jalan. Kebanyakan pengguna hampir tabrakan atau pun terjadi karena terpeleset saat mengerem motornya.

ban motor

Selain kecelakaan, salah memilih ban motor bisa berdampak terhadap borosnya bahan bakar, hal ini dikarenakan menggunakan ban motor yang tidak tepat spesifikasi dan ukurannya.

Sebelum mengganti ban ada baiknya memperhatikan berapa faktor baik itu keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, berikut tipsnya:

- Gunakan ban motor yang dengan permukaan tapak menengah untuk pemakaian sehari-hari. Hindari menggunakan ban motor dengan tapak tipsi karena mudah terpeleset dan bahkan beresiko sampai pecah ban. Atau anda bisa menggunakan ban standar motor bawaan dari pabrik.

- Carilah referensi mengenai ban motor yang ingin Anda gunakan, baik itu lewat bengkel ataupun lewat forum di Internet.

- Untuk karakter ban bisa disesuaikan dengan daerah tempat tinggal Anda. Karakter ban basah untuk daerah yang rawan hujan dan bagus dilintasan basah. Sedangkan ban kering rawan bagus untuk lintasan kering namun mudah terpeleset pada saat hujan, terlebih bila melakukan pengereman secara mendadak.

- Motif ban bisa disesuaikan, misalnya untuk harian gunakan motif ukiran searah. Hal ini bertujuan untuk memudahkan aliran air ke samping ban pada saat jalan sehingga cengkeraman ban bagus saat melintas di permukaan jalan.

- Gunakan ban yang sesuai dengan ukuran pelek Anda agar ,udah pemasangan dan tidak membahayakan Anda.

Dengan mengetahui hal tentang memilih aksesoris motor terutama ban motor, diharapkan Anda bisa merasa nyaman dan aman dalam berkendara.(wk)

{ 0 komentar... read them below or add one }