Lantai Parket Untuk Rumah

Posted by Sate Ayam on Friday, November 5, 2010

Pada era sekarang ini kita mengenal banyak sekali jenis lantai, ada marmer, keramik, parket, kayu dsb. Namun kini para pemilik rumah lebih mengincar parket sebagai finishing lantainya. Apa kelebihan lantai parket dari lantai-lantai lainnya?Tentu saja keindahan yang disertai kenyamanan. Keindahannya adalah keindahan kayu, yaitu warna dan serat- serat alami yang terbentuk sepanjang masa tumbuh pohonnya.

Lantai parket merupakan lantai khusus yang juga membawa beberapa keterbatasannya sehingga kalau di rumah tinggal hanya cocok digunakan di ruang tidur, makan, ruang keluarga, ruang duduk, mungkin juga dapur. Untuk ruang luar atau daerah basah, Anda harus memakai lantai kayu utuh nonparket. Lantai parket berbeda dengan lantai kayu zaman dulu yang terbuat dari papan kayu utuh. Parket terbuat dari partikel kayu yang diserut dan dipadatkan membentuk lapisan kayu dengan ketebalan sekitar 10 mm. Kini pilihan motif, tekstur, dan warna lantai parket makin beragam. Ada yang bernuansa coklat tua, coklat muda, krem, dan sebagainya.

Material kayu untuk parket di Indonesia, umumnya berjenis kayu jati, kayu merbau, kayu kelapa, kayu sungkai, kayu sonokeling, kayu bengkirai dan kayu ulin yang digunakan oleh arsitek rumah. Yang terakhir ini terbilang mahal dan agak sulit dicari baik oleh jasa desain interior rumah ataupun jasa arsitek rumah.

Keunggulan lainnya dari parket adalah kenyamanannya. Sifatnya yang hangat tak cuma dari tampilan tapi juga saat dirasakan. Di lantai parket anda bisa tidur berbaring tanpa kuatir merasa kedinginan. Andesit

{ 0 comments... read them below or add one }